oleh

Peringati Hari Pahlawan di Tolitoli, Ziarah TMP Serta Tabur Bunga di Laut

-Berita, Daerah-14 views

MC | Tolitoli – Peringatan Hari Pahlawan ke 75 di Kabupaten Tolitoli ditandai dengan upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalangkangan, yang dilanjutkan dengan upacara Tabur Bunga di Laut di Pelabuhan Daerah Haji Hayyun Tolitoli yang pada selasa pagi (10/11/2020).

Upacara Ziarah di TMP Kalangkangan dipimpin oleh Kepala Kepolisian Resor Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina, SH.,SIK.,MH selaku Inspektur Upacara, sedangkan upacara Tabur Bunga di Laut di Pelabuhan Haji Hayyun dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI-Angkatan Laut (Dan Lanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST.,MM.

Di TMP Kalangkangan, Upacara Ziarah Nasional ditandai dengan peletakan karangan bunga di tugu bambu runcing oleh Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina, SH.,SIK.,MH kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan seluruh pejabat yang hadir dalam upacara tersebut. Demikian pula pada upacara Tabur Bunga di Laut, ditandai dengan pelarungan karangan bunga ke laut dari atas dermaga oleh Dan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST.,MM diikuti dengan tabur bunga di laut oleh seluruh pejabat yang hadir.

Upacara di dua tempat tersebut turut dihadiri oleh Bupati Tolitoli diwakili Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal dan undangan lainnya. Pasukan upacara terdiri dari Pasukan TNI dan Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Nasional serta Taruna Siaga Bencana Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli.

Usai upacara, Pj. Sekda Moh. Asrul Bantilan, S.Sos mengatakan Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah sepantasnya dikenang sepanjang masa oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada Tanah Air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Asrul.*

Sumber : Humas Pemkab Tolitoli(*A*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed