oleh

Dewan Pimpinan Pusat PJI Gelar Pra UKW Dan Diklat, Dorong Pers Lebih Profesional

-Berita, Nasional-151 views

MC- Jatim, Minggu 6/12/2020, 80 Peserta Hadir mengikuti Pra UKW dan Diklat di Hotel Narita kota Surabaya Provinsi Jawa timur, Pelaksanaan kegiatan ini menjalankan protocol kesehatan menjaga jarak, menggunakan masker serta cuci tangan yang telah disiapkan Panitia Penyelenggara.

Persatuan jurnalis Indonesia (PJI) Hartanto Boechori menjabat sebagai ketua umum hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini didampingi Acharuddin Lotto dan empat Narasumber , membuka langsung kegiatan Pra Ukw dan Diklat. Dari 8o peserta yang hadir mengikuti Pra UKW ahli Muda, ini diberikan langsung penyampaian Hartanto Boechori tentang Wartawan Kompeten yaitu sebagai berikut :


1.Mampu merencanakan atau mengusulkan tiga liputan dalam waktu 50 menit.

  1. Mengikuti Rapat Redaksi dengan membawa bahan rencana Liputan
  2. mempersiapkan diri menghadiri liputan terjadal/ Konfrensi Pers
  3. Mempersiapkan Diri menghadiri wawancara Khusus
    5.Mampu menulis Berita lurus 100 kata
  4. Mampu menyunting berita sendiri dan lainnya.

Tambah Hartanto Boechori berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik Pra UKW ini, diharapkan para jurnalis dapat bekerja sesuai dengan arah dan tujuan yang mengacu kepada UU 40/1999 tentang pers
Disamping itu selesai memberikan sambutan, Acharuddin Loto menambahkan untuk materi yang dibahas pada acara pelatihan jurnalistik Khususnya tentang kode etik jurnalistik, teknik investigasi dan lainya menyangkut tugas Seorang Jurnalis.
Lanjut Acharuddin,, selain dibatasi oleh ketentuan hukum,seperti undang undang Pers Nomor 40 tahun 1999,juga harus berpegang kepada kode etik Jurnalistik. Tujuannya adalah agar wartawan tersebut bertanggungjawab dalam menjalankan profesinya dalam menyajikan informasi terangnya.
Berdasarkan laporan dari Panitia Penyelenggara, Para Peserta berasal dari Palembang dua Peserta, Media Bhayangkara Banjarmasin Dua Peserta Media Sidik Nusantara, Madiun Jombang juga hadir Dua Peserta dari media indonesia jaya (H)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed