oleh

TERJUN DITENGAH MASYARAKAT, BABINSA YAPSEL MEDIASI PERMASALAHAN WARGANYA

Yapsel, Berperan aktif diwilayah binaan dan hadir ditengah-tengah masyarakat binaannya, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Serda Musa Yarollo membantu aparat kampung dalam menyelesaikan masalah sengketa batas tanah antar warga Kampung Mariarotu Distrik Kosiwo Kab. Kepulauan Yapen, Selasa (12/01/2021).

Pelaksanaan mediasi ini dilakukan dibalai kampung dengan disaksikan oleh Kepala Kampung Iskia Mai, Kepala Suku Busami Yakop Aisoki, Dewan Adat Busami Soleman Songini dan dihadiri juga oleh kedua belah pihak yang bermasalah beserta beberapa masyarakat yang menjadi saksi, guna mengetahui duduk permasalahanya.

Dengan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu mediasi dan menjadi penengah dalam menyelesaikan sengketa batas kepemilikan tanah antar 2 warga di wilayah binaannya ini, dirinya memiliki tanggung jawab untuk menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif, salah satunya adalah dengan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ini, dungkapkan babinsa.

“Kita harap masing-masing pihak dapat mengurangi sikap egonya dan berhati dingin, sebab sudah sewajarnya setiap permasalahan harusnya diselesaikan musyawarah, dengan adanya mediasi ini semua kita selesaikan disini, dan tidak ada keributan yang terjadi, agar tak menjadi permasalahan yang melebar hingga terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan”, tegasnya kepada warga.

“Dalam mediasi ini kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan, dengan tambahan membuat surat pernyataan dan perjanjian dengan disertai tanda tangan diatas materai oleh kedua pihak yang bermasalah, agar kedepannya tidak timbul permasalahan yang sama”, tutupnya.

Iskia Mai, kepala kampung mariarotu, turut mengapresiasi kehadiran babinsa, “Terima kasih atas kehadiranmu Pak Babinsa, sungguh luar biasa karena permasalahan ini dapat segera kita atasi dengan baik, sehingga tidak berlanjut dengan permasalahan yang lebih besar, yang dapat mengganggu stabilitas keamanan masyarakat diwilayah ini”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed