oleh

Workshop penyusunan rencana Kontijensi Banjir di Kabupaten Sigi

-Berita, Daerah-26 views

SIGI- Bupati Sigi Mohamad Irwan, membuka Workshop penyusunan rencana Kontijensi Banjir di Kabupaten Sigi. Workshop yang dilaksanakan oleh Yayasan ADRA Indonesia ini dihadiri pula oleh Perwira Penghubung Dandim, Kabag OPS Polres Sigi, Kepala OPD Terkait dan Project Manager ADRA Indonesia (via Zoom) dan para tim Penyusun rencana Kontijensi di Kabupaten Sigi. Kegiatan ini dilaksanakan di de’Qalbu, Selasa, 26 Januari 2021.

Pada kesempatan tersebut Bupati Mohamad Irwan mengucapkan, terimakasih kepada ADRA Indonesia yang selama ini telah membantu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sigi, pada saat terjadinya bencana 2018 silam, sampai dengan saat ini, pada pemulihan dan pembangunan kembali di Kabupaten Sigi. Bupati berharap melalui kegiatan ini akan tersusun prosedur tetap terkait dengan penanganan bencana. Sejalan dengan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi saat ini yaitu Sigi Hijau, dengan Program penanaman pohon dapat mencegah terjadinya bencana banjir di daerah rawan yang selama ini telah terjadi di Kabupaten Sigi akibat kerusakan hutan dan penebangan pohon secara liar. Dengan rencana penyusunan ini, apabila terjadi bencana maka kita selaku unsur pemerintah dalam hal ini pihak terkait selalu siap sedia menghadapi bencana tersebut dalam rangka menyelamatkan warga masyarakat yang ada di Kabupaten Sigi.

Penyusun rencana kontijensi merupakan salah satu dari berbagai rencana yang digunakan dalam siklus manajemen risiko perencanaan. Kontinjensi dilakukan ketika terdapat potensi untuk terjadinya bencana atau pada tahap aktivitas kesiapsiagaan penyusunan rencana kontijensi yang dilakukan secara bersama antara lembaga dan pelaku penanggulangan bencana baik pemerintah maupun nonpemerintah.(Kifli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed