oleh

Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Unit Air Baku, Dua Desa Dukung Penuh.

-Berita, Daerah-93 views


MC-Sigi, Kegiatan Sosialisasi Rencana kegiatan pembangunan unit Air Baku yang dilaksanakan di Kantor Camat Maraola Kabupupaten Sigi, dihadiri Nuzuluddin SH M.Si, (Camat),Ir. Abd Razak, MT (Kepala Dinas Cipta Karya dan SDA) Provinsi Sulawesi Tengah, Amrin,ST (Kepala Bidang Cipta Karya) Kabupaten Sigi, AKP I Made Duana, SE (Kapolsek ), Pemerintah Desa Beka, Pemerintah Desa Sibedi dan warganya masing-masing.


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini rabu 3/2/2021 pukul 10.00 Wita sampai selesai sekitar pukul 14.00, saat dimulai Sosialisasi tersebut Nuzuluddin SH M.Si (Camat) memberikan sambutan pertama’’ mengucapkan banyak terima kasih dengan rencana Pembangunan dari Provinsi maupun kabupaten serta Menghimbau kepada pemerintah Desa yang berada diwilayah Kecamatan Maraola, agar setiap kali ada kegiatan baik dari Kabupaten maupun Provinsi segera diberitahukan atau disampaikan ke Pihak Kecamatan’ terang Nuzul. Terkait kegiatan Sosialisasi ini , Ia mengharapkan kerjasamanya kepada seluruh warga dan Pemerintah Desa yang hadir dalam pertemuan tersebut.


Untuk sambutan kedua ,Ir Abd Razak MT, Kegiataan ini merupakan Sosialisasi bersama antara Dinas Cipta Karya Dan SDA Provinsi dan Dinas PU Kabupaten tentang pembangunan air baku atau pun Air bersih di Dua Desa yaitu : Desa Beka dan Desa Sibedi, Ia juga menyampaikan bahwa pernah melakukan peninjauan langsung lokasi yang direncanakan untuk Pembangunan Air Baku tersebut.
Kemudian dilanjutkan Djaenudin,SE.,ST.,MM Kepala Bidang Sungai,Pantai, Danau dan Air Baku untuk menerangkan sebagai berikut :
GAMBARAN UMUM

  1. Usulan permintaan dan kebutuhan Masyarakat Desa Beka
  2. Permintaan Masyarakat direspon oleh Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah
  3. Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi melaksanakan survey pengukuran kapasitas air baku dari sumber air baku yang tersedia (yang terdekat adalah sungai Kalipondoh) 4. Hasil survey dibuatlah desain perencanaan air baku dengan rincian hasil sebagai berikut :
    • Debit air sebesar lk.20 ltr/dtk
    • Panjang jaringan pengaliran air baku lk 3,1 Km
    • ElevasiK sumber mata air lk 500 m dari muka air laut
    • Dimater pipa PVC dia. 3 inci 2 inci dan Pipa Gip dia. 2 inci
    • Kapasitas debit rencana 10 ltr/dtk
    • Kapasitas=864.000 ltr/hari setara dengan 8.640 jiwa atau 1.728 KK
      dengan asumsi kebutuhan 1 orang = 100 ltr/hari.
      Setelah menerangkan dari gambaran umum tersebut dari warga masyarakat dan Pemerintah Desa yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut diberikan kesempatan untuk bertanya.

Saat diberikan kesempatan dari Dinas Cipta Karya dan SDA untuk mengajukan pertanyaan, dari masing-masing Desa yang hadir , semua melontarkan pertanyaan kepada pihak penyelenggara Sosialisasi tersebut.
Pertanyaan dari semua pihak dijawab langsung oleh Ir.Abd Razak MT, dan memberikan penjelasan tentang jalannya program pembangunan air baku ,

Sebelum ditutup kegiatan tersebut masing-masing Warga di Dua Desa itu bersama Kepala Desa , menandatangani Surat Pernyataan mendukung kegiatan Program Pembangunan Air Baku, dan kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar. (F)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed