oleh

Diduga Tambang Pasir Ilegal Di Ngancar Kediri, Kapolres : “Sudah Saya Perintahkan Kasatreskrim Tindaklanjuti”.

Media Central, KEDIRI –
Aktifitas Exploitasi pertambangan sirtu di wilayah Hukum Polres Kediri nampaknya masih marak, seperti yang terpantau di areal persawahan Dusun Pohgunung, Desa Margourip, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Saat tim investigasi media ini melakukan Check langsung ke lokasi, pada Kamis (04/02/2021), tampak terlihat beberapa mesin diesel ( mekanik) digunakan untuk menyedot pasir di lokasi yang masih dalam wilayah hukum Polres Kediri tersebut. Dan nampak pula beberapa dump truk berjejer menunggu/ mengantri untuk mengambil pasir yang telah disedot tersebut.

Fakta – Fakta Tambang Pasir Liar Dusun Pohgunung Desa Margourip Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri

  • Menggunakan mesin diesel penyedot pasir ( mekanik) untuk mengambil pasir. Selain itu di lokasi yang sama, juga menggunakan alat berat excavator ( bekhoe) untuk mengambil sirtu ( pasir dan batu) lalu ditaruh di dump truck yang mengantri.
  • Usaha pertambangan pasir tersebut sudah berjalan cukup lama.
  • Lokasi pertambangannya berada di areal persawahan.

Salah seorang warga setempat saat dikonfirmasi media ini terkait aktifitas tambang pasir ilegal di area lokasi tersebut mengatakan, dulu akfitas tersebut pernah ditolak oleh warga.

Bahkan, tambahnya, warga setempat sampai melakukan unjuk rasa ( demo). Kemudian sempat tidak beraktifitas setelah didemo.

” Riyen kendhel niku,, mboten ngertos kok sakniki mulai nyedot wedi maleh ( dulu libur/ tak beraktivitas itu, tidak tahu kenapa sekarang mulai aktif nambang/ nyedot pasir lagi), ” katanya.

Tempat terpisah, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono melalui pesan tertulis WhatsApp, mengatakan akan menindaklanjuti Informasi terkait adanya praktek pertambangan sirtu menggunakan mesin diesel ( mekanik) di lokasi tersebut.

” Sudah saya perintahkan Kasatreskrim untuk tindaklanjuti,” kata AKBP Lukman dalam pesan tertulis WhatsApp. (Arco)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed