oleh

Baru Dibangun, RPS ATPH dan Greenhouse SMK 1 Dondo Langsung di Fungsikan

MC | Tolitoli – SMKN 1 Dondo mendapatkan ruang praktek siswa (RPS) bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020, telah diselesaikan pekerjaannya.

Adapun ruang praktik siswa (RPS) peternakan disertai kandang modern, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura beserta greenhouse, telah difungsikan pengunaannya.

“Dengan adanya kebutuhan sekolah itu sudah cukup lama, jadi ketika bangunannya selesai langsung kita fungsikan penggunaanya,” kata Pithein Dien ketua panitia pembangunan RPS SMKN 1 Dondo belum lama ini.

Seperti membudidayakan tanaman hidroponik yang dikembangkan didalam Green House.

Dikatakannya Budidaya tanaman hidroponik ini selain lahan praktek siswa SMKN 1 Dondo juga untuk mendukung pemenuhan sayuran yang sehat tanpa pestisida.

“Jadi sayuran hidroponik ini memiliki kelebihan dibandingkan sayuran yang ditanam secara konvensional, yakni bisa dikonsumsi langsung karena perawatannya tidak menggunakan pestisida,” ungkap Pithein.

Sementara itu, Kepala sekolah SMKN 1 Dondo Japara S,Ag menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah yang sudah memberikan bantuan RPS kandang modern ternak unggas maupun Greenhouse ini yang sangat kita inginkan, karena ruang di SMKN 1 Dondo betul-betul minim fasilitas.

Japara berharap pada civitas SMKN 1 Dondo untuk menggunakan fasilitas dengan baik karena pembangunan tersebut dengan anggaran yang begitu besar, sehingga pendidikan advokasi kita berjalan dengan maksimal sesuai harapan kita bersama.

“Kedepannya bagaimana output dari pada anak-anak kita di SMK ini bisa menspos atau mengeluarkan output yang mempuni sebagai sumber daya yang diharapkan terutama dari segi skil. Jadi dengan adanya RPS ini, mereka makin banyak memiliki pengetahuan dan keterampilan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Greenhouse tersebut sudah difungsikan.Dengan para siswa praktek kerja lapangan(PKL), karena saat ini situasi pandemi jadi pelaksaannya masih di lingkungan sekolah.

“Alhamdulilah siswa sudah gunakan Greenhouse tersebut, yang mana kita inginkan dengan mengunakan teknologi pertanian, dari pertanian tradisional ke pertanian modern. Demikian juga dengan agribisnis ternak unggas yang kemarin-kemarin menggunakan peralatan seadanya olehnya kita upayakan agar siswa bisa belajar menggunakan sistem teknologi yang ada pada kandang modern tersebut,” katanya melanjutkan.

Untuk diketahui masih banyak kekurangan di sekolah SMKN 1 Dondo, terutama alat-alat yang digunakan masih sebagian manual.”Jadi kita harapkan bisa mendapatkan bantuan lagi berupa alat pertanian yang sudah modern untuk lebih memaksimalkan praktek pembelajaran,” tutupnya. (TM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed