oleh

Sambut Ramadhan, Jamaah Sema’an Al Istiqomah Sidosermo Gelar Ziarah Ke Makam Sesepuh.

MC,Surabaya- Jamaah Semaan/Khataman Quran Rutin Al Istiqomah Sidosermo menggelar kegiatan ziarah kubur di tiga tempat pada Minggu 28 Maret 2021. Kegiatan tersebut sebagai acara sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Di ikuti oleh kurang lebih 45 orang, kegiatan yang menggunakan bis pariwisata tersebut diawali ziarah mengunjungi makam Syech Jumadil Kubro. Dimana Syekh Jumadil Kubra disebut moyang para wali Jawa yang Makamnya berada di antara makam Islam masa Majapahit di Troloyo,Trowulan, Mojokerto.

Di makam Syech Jumadil Kubro, peserta ziarah bersama sama membaca Al Quran hingga Khatam dengan dibagi per jus setiap orang. Seperti yang dikatakan Mas Fauzan, bahwa kegiatan ziarah seperti ini diselenggarakan setiap tahun. tujuan pun berbeda beda tergantung kesepakatan anggota Al Istiqomah. Menjelang Puasa Ramadhan.

Meskipun pada tahun 2020 kemarin, jamaah Al Istiqomah belum bisa menggelar Ziarah dikaremakan masa pandemi yang terdapat pembatasan berkerumun. Ziarah kali ini digelar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Tujuan Ziarah selanjutnya adalah ke makam as sayid Sulaiman bin Abdurrahman Ba Syaiban yang terletak di desa Bethek,Mojoagung. As Sayid Sulaiman merupakan sebagai salah satu tokoh penyebar agama islam di Jawa Timur. Seperti yang disampaikan salah satu pengasuh jamaah Al Istiqomah Sidosermo mas kyai Qodir, bahwa as sayid Sulaiman juga masih keluarga sesepuh Sidosermo As Sayid Ali Asghor.

Dimakam As sayid Sulaiman, Jamaah melaksanakan kirim doa kepada sesepuh dengan membaca yasin dan tahlil. Selain itu, selama dimakam tersebut, jamaah Melaksanakan sholat dhuhur dan istirahat sebelum melanjutkan ke tujuan selanjutnya.

Tujuan yang dikunjungi terakhir adalah makam K.H Abdurahman Wahid atau biasa dikenal dengan nama Gus Dur. Selain mantan Presiden RI ke empat, Gus Dur juga sebagai Tokoh islam nasional sekaligus cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama K.H Hasyim Asyari.

Walaupun pintu masuk ke makam Gus Dur di tutup dan hujan. Tidak Menyurutkan antusias jamaah untuk mendoakan Gus Dur walaupun dari depan pagar makam pesantren Tebu Ireng Tersebut.

Kegiatan berlangsung aman, lancar dan tertib selama Ziarah ke tiga tempat tersebut. Ketua Panitia kegiatan ziarah Bapak Chafid menyampaikan ucapan terima kasih nya kepada para peserta ziarah dan pihak pihak yang membantu termasuk para donatur, sehingga acara tersebut berlangsung lancar . Dan menyampaikan mohon maaf jika terdapat hal yang kurang berkenan selama kegiatan ziarah tersebut. (adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed