oleh

Terbitnya Surat Edaran Menag, Kahumas Polrestabes Surabaya: “Kami Mendukung Penuh”.

MC,Surabaya-Menteri Agama secara resmi menerbitkan Surat Edaran (SE) sebagai panduan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H /2021. Surat Edaran yang berdasar SE Menag no. 3/2021 berisi tentang himbauan pelaksanaan protokol kesehatan ketika ibadah.

Dalam Surat Edaran tersebut berisi tentang pembatasan kehadiraan jamaah 50% dari kapasitas dan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu edaran tersebut juga menerangkan tentang durasi ceramah/takziah di mushola dan masjid yang diberi waktu 15 menit.

Jamaah yang melakukan ibadah juga dihimbau untuk membawa sajadah dan mukena dari rumah masing masing. Ketika memperingati Nuzulul Quran wajib memperhatikan prokes dan jumlah audiensi 50% dari kapasitas tempat atau lapangan.

Poin lain surat edaran menekankan bahwa mubaligh atau penceramah wajib menjaga ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah bashariyah serta memperkuat keimanan, ketaqwaan, akhlakul kharimah, kemaslahatan ummat dan nilai nilai kebangsaan bernegara dalam negara kesatuan republik Indonesia.

Selanjutnya poin terakhir adalah mengatur sholat idul fitri 1 syawal 1442 H/2021 dapat dilaksanakan di masjid ataupun di lapangan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan terbitnya Surat Edaran Menag no. 3/2021 tersebut jajaran Polrestabes Surabaya melalui Kabaghumas Kompol Akhyar mengatakan siap mendukung penuh dan siap untuk menerapkan kebijakan dari Menteri Agama di Wilayah hukum Polrestabes Surabaya. Hal itu menurut Kompol Akhyar sebagai cara demi menjaga penyebaran covid 19 di Indonesia dan Surabaya pada khususnya selama melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul fitri. (adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed