oleh

Cegah Banjir, Dinas PUPR Kabupaten Magetan Bangun Talud di Saluran Jabung 2 Desa Turi

-Berita, Daerah-131 views

MC-Magetan, – Curah hujan dengan intensitas tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya longsor, bangunan talud yang lama di saluran pelimpah Jabung 2 Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan.

Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa membahayakan ambrolnya bangunan rumah yang ada di sepanjang saluran tersebut jika tidak segera ditangani oleh pihak terkait.

Selain itu, bila hujan turun dengan intensitas tinggi juga mengakibatkan terjadi luapan air dari saluran Jabung 2 dan mengakibatkan baku sawah 76 ha meliputi Desa Jabung, Rejomulyo, Turi, Sidowayah dan di sekitar pemukiman tepatnya di Desa Turi terendam.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Magetan membangun pasangan talud di kanan kiri saluran pelimpah atau pembuang saluran Jabung 2 dengan konstruksi cor beton siklop.

“Kita melakukan tindakan penanganan cepat dengan membangun talud melalui kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi permukaan,” ungkap Yuli Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan.

Selain itu, menurut Yuli, pihaknya juga melakukan penggalian sedimen di saluran dengan tujuan memperbesar penampang basah saluran sehinga resiko overtoping ( banjir) yang sering terjadi dapat terasi.

Sementara itu, Kepala Desa Turi, Suhepi mengaku sangat mendukung dan berterimakasih atas kegiatan normalisasi saluran dan pembangunan talud saluran pembuang Jabung 2 yang dilakukan oleh Bidang SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan sehingga resiko banjir yg sering mengancam pemukiman warganya dapat teratasi.(supari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed