oleh

Disektor Industri Dan Investasi Manufaktur Non Migas Semakin Naik

MC | SIDOARJO – Dalam sambutannya ditengah acara lounching Exsport pintu kayu dan sekalligus ulang tahun yang ke 5 PT.WOODONE yang tergabung dalam Integra Grup, pada hari Selasa (25/05/2021) Menteri Perindustrian Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita,Msi.

menyampaikan bahwa menurut sumber data resmi dari BPS geliat disektor industri dan investasi Manufaktur non migas mengalami kenaikan dibidang Exsport Non Migas dalam hal ini industri dibidang pengolahan kayu.


.
Sedangkan untuk import bahan baku dan bahan penolong dari sektor manufaktur juga mengalami kenaikan. Selain itu menurut Agus hal ini juga bisa dilihat dari angka Purchasing Manager Index (PMI) yang mana PMI ini menunjukkan convident dari pimpinan-pimpinan perusahaan dalam melakukan purchasing bahan baku. Agus juga menjelaskan titik atau posisi PMI sebuah negara bisa dikatakan industri manufakturnya sedang menggeliat, jika berada pada level di atas 50 point.Sedangkan posisi Indonesia dalam 6 bulan berturut-turut berada pada posisi di atas 50 point tepatnya pada posisi 54 point.
.
Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur Hj.Khofifah Indarparawansa juga menyampaikan bahwa industri kayu dan produk kayu di Jawa Timur menurut catatan BPS tetap bisa tumbuh positif 6% ditengah-tengah pandemi covid-19. Ucapan terima kasih disampaikan khofifah pada seluruh pelaku industri kayu yang ada di Jawa Timur. Disambut tepuk tangan oleh semua undangan yang hadir.
.
Khofifah juga menambahkan bahwa sebelumnya Omset dari industri kayu sebesar US$1,33 miliar kemudian meningkat menjadi US$1.397 miliar dan rata-rata usaha padat karya termasuk di woodone dan integra grup.Bagi pemerintah provinsi Jawa Timur seluruh proses modernisasi teknologi sangat penting sama pentingnya karena bisa menyerap tenaga kerja. Khofifah juga menyampaikan bahwa dalam industri kayu dan mebel yang ada di Jawa Timur ini ada 178unit atau setara dengan 1,8% Kategori besar,yang sedang tercatat 5,2%, dan untuk IKM industri mebel di Jawa Timur ini tercatat 93% ini artinya bahwa memang backbone dari industri pengolahan kayu yang ada di Jawa Timur ini tetap tersuport oleh IKM Berseiring dengan ikhtiar kita untuk memajukan seluruh industri kayu dan produk kayu yang ada di Jawa Timur lapornya.
.
Di akhir pidato khofifah juga mengucapkan selamat hari jadi yang ke 5tahun untuk PT.Woodone Integra Grup beserta staf dan jajarannya. Acara kemudian dilanjutkan dengan meninjau langsung produksi pintu kayu kemudian di akhiri dengan pemberangkatan armada untuk Exsport ke negara eropa.(aries/M)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed