oleh

Rapat Kordinasi Komisi Irigasi Provinsi Dan Kabupaten

-Berita, Daerah-31 views

MC-Sul-Teng, Gelar rapat kordinasi komisi irigasi Provinsi dan Kabupaten tentang rencana alokasi air irigasi lambunu tahun 2021, Rapat di laksakan di kantor Desa Kotanagaya Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.
Hadir Peserta rapat 60 orang, dan dari Dinas Cipta Karya Sumber daya air (Cikasda) dimulai jm 01.00 Siang sampai selesi jam 05.00 sore 20/5/2021.

Peserta sebagai berikut:
Kepala balai tehnologi pertanian (BPTP) Provinsi
Kepala seksi o&p SDA_BWS lll
Kepala satker o&p SDA BWS lll.
Kepala bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah
Bappelitbangda ,Kab Parigi Moutong
Kepala bidang tanaman pangan Holtikultura,
Dan perkebunan kab Parigi Moutong ketua BPD wilaya se-iragasi Kecamatan Bolano lambunu
Kapolsek.

(terkait wilayah irigasi)
Dan para kepala desa kecamatan Bolano lambunu

Dalam rapat, Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumberdaya Air memberikan sambutan yang diwakili Satya Wicana S.P, ST.,MT, rapat kordinasi komisi irigasi provinsi dan kabupaten serta rencana alokasi air untuk daerah irigasi Lambunu dalam pertemuan ini menyamakan Serta menyatukan persepsi di dalam rangka melaksanan kegiatan pengololaan irigasi di daerah irigasi Lambunu.
beberapa kordinasi yang mendorong penyusunan rencana, penyediaan air untuk tata tanam itu dengan kewaspadaan kita, terhadap bahaya banjir kekeringan, mengingat irigasi dengan pemakai air dan pengguna air melintasi batas wilayah admnisttrasi pemerintahan, maka perlu di lakukan suatu kegitan bertujuan merusmuskan berbagai pemilik kepentingan terkait irigasi terangnya.
penentuan alokasi air tersedia, serta jadwal musim tanam berkaitan dengan hal tersebut Perlu di dukung oleh pencapaian kinerja sistem irigasi, baik yang ditunjang kerja keras cepat dan tindakan tepat oleh lembaga sumber daya manusia, yang handal terkait pengelolaan irigasi untuk itu di harapkan seluruh petugas O&P jaringan irigasi yang ada di daerah lambunu dapat bekerja dengan baik sesuai pedoman yany diatur dalam peraturan per undang undangan. di harapkan adanya partisipasi yang baik dari seluruh penguna air irigasi serta senantiasa berkordinasi serta intensif kata Satya.
Dengan berbagai pihak terkait sehingga menghasilkan suatu dokumen perecanaan penyedian air irigasi yang Faktual terpadu dan sinergis antar sektor yang menjadi pembahasan rapat, memberikan materi tata cara mengatur air dan tata cara cocok tanam.

masa tanam masa panen sekaligus pembahasan pencemaran air sungai lambunu di sebabkan tambang emas
oleh karena itu, Pemerintah menyikapi kondisi kegiatan penambang emas di hulu sungai lambunu, di mana air sungai di manfaatkan untuk kegiatan daerah irigasi Lambunu, ini tercemar oleh aktivitas tambang yang di maksud maka kami menyatakan sikab untuk menyelamatkan Tanaman padi dan palawija, perlu suatu upaya untuk menjaga Kualitas air irigasi yang mana memenuhi sarat bagi pertumbuhan, terang dalam pembahasan rapat tersebut

Yang di usahakan memberikan saran bagi oknum pengusaha orang /perorangan atau kelompok, melakukan kegiatan penambangan emas dan di mana limba pengelolah lahan di buang di sungai, dalam hal ini agar dapat melakukan upaya pengololah yang tidak mencemari air Kata Satya.(laporan Asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed