oleh

Harus Upgrade Kemampuan Mitigasi Bencana

MC | Pacitan, – Besarnya potensi bencana alam di Kabupaten Pacitan menuntut seluruh komponen yang ada di bumi Wengker Kidul ini waspada. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah serta relawan, masyarakat juga harus memperkuat diri dengan kesiapsiagaan menghadapi resiko bencana alam.

“Pacitan sudah terkenal berpotensi sekali dengan berbagai bencana alam dan kita punya semuanya dan biasanya begitu dibalik keindahan yang luar biasa maka tersimpan potensi bencana yang luar biasa pula,” ungkap Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Minggu (06/06).

Penegasan orang nomor satu di Pacitan disampaikannya saat membuka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana (water rescue) BPBD Kabupaten Pacitan di Pantai Pancer Door. Kepada puluhan peserta pelatihan Mas Aji berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan berkala demi meningkatkan kemampuan para agen dalam menghadapi resiko bencana.

“Hal seperti ini perlu untuk mengupgrade kemampuan dan kesadaran bersama tentang pentingnya mitigasi bencana,” imbuhnya.

Melihat besarnya potensi bencana alam di Pacitan mulai dari banjir, tanah longsor, gempa bumi bahkan hingga tsunami bupati memandang perlunya dibentuk relawan atau agen kebencanaan yang spesifik. Bahkan jika perlu secara berkala mendatangkan spesialis ahli dibidang kebencanaan untuk melatih para relawan atau agen kebencanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana (water rescue) BPBD Kabupaten Pacitan diikuti oleh Tim Reaksi Cepat (TRC), Pusdatin, tenaga teknis dan agen kebencanaan. Dalam pelatihan ini para peserta mendapat tori dan praktek pencegahan dan mitigasi tentang tsunami dan water rescue. (sumber berita humas Pemkab.Pacitan/Supari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed