oleh

Pemeliharaan Jalan, UPTD Dinas PUPR Wilayah II Potong Rumput Liar

-Berita, Daerah-113 views

MC | Magetan, -Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) wilayah II Kabupaten Magetan melakukan pemeliharaan jalan dengan memotong rumput atau ilalang di sejumlah titik pinggir jalan.


“Ini adalah kegiatan rutin pemeliharaan pinggir jalan,” ujar Kepala UPTD Dinas PUPR Wilayah II, Sugino.
Menurutnya, babat rumput dilakukan supaya bahu jalan berfungsi dengan baik, pandangan pengguna jalan jelas dan drainase ketika air hujan turun bisa lancar.
“Target potong rumput menyesuaikan kebutuhan karena kondisi lapangan yang berbeda. Selain itu, kondisi bahu jalan tiap ruas jalan tidak sama terangnya.


Sugino mengatakan, kendala yang terjadi adalah alat potong rumput yang terkadang rusak akibat mengenai batu yang ada di bahu jalan.
“Kita juga tidak bisa mentargetkan kepada petugas yang diterjunkan untuk melaksanakan pemeliharaan pembabatan rumput pinggir jalan karena tergantung pada mesin dan tenaganya. Kalau mesinnya lancar, pekerjaan bisa terus lanjut, namun sebaliknya jika peralatan rusak ya pekerjaan potong rumput terpaksa harus berhenti,” terangnya lagi.
“Untuk kegiatan pemotongan rumput pagi ini (10/6/2021), diperkirakan sudah mencapai 2 kilometer, kalau siang nanti di Alas Pucang tidak dapat menargetkan berapa kilo tergantung dengan mesin atau tukangnya,” tambah Sugino.
Untuk sementara, lanjutnya, kegiatan di UPTD Wilayah II, kegiatan pengaspalan kurang lebih 3 bulan sudah selesai, mengingat hal ini menunggu proses pengadaan material.
Untuk diketahui, panjang jalan yang ditangani oleh UPTD PUPR Wilyah II adalah 250 kilometer lebih dari total jalan di Kabupaten Magetan sepanjang 630.25 kilometer.
Adapun pekerjaan perawatan bahu jalan meliputi sudetan genangan air hujan, potong rumput,keprasan pohon dan perataan timbunan bahu. (Supari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed