oleh

Kades Wanamukti Utara Bertani Bersama Masyarakat

-Berita, Daerah-73 views

MC-Parimo, Panen jagung perdana 11 /6/2021 di Desa Wanamukti Utara Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong , dilaksanakan di kebun Kepala Desa mempunyai luas 1 hektar,

didalam terdapat tanaman jagung dan beni jagung yang telah di tanam dari NK Perkasa.
Kegiatan Panen dihadiri Kades desa Wanamukti Utara, Camat Bolano ,UPTD Penyuluh dan Babinsa. Mulyadi Selaku kades dalam sambutannya di kegiatan itu, terkait program pemerintah tentang desa Tangguh maka melalui pemdes,.memberikan motivasi kepada petani, peka terhadap kondisi saat ini. kita harus mampu mandiri dalam menghadapi kondisi yang sedang melandah Negara Bahkan dunia, Yaitu covid- 19 , untuk itu salah satu faktor penopang dari Desa tanggu adalah Ketahanan Pangan ucapnya.

Seperti dicontohkan dengan semangat menanam jagung, merupakan langkah yang baik menambah penghasilan dari pada petani jagung ada di desa Wanamukti Utara.
NARDI Selaku UPTD Penyuluhan telah mengambil ubinan, di laksanakan untuk memperdiksi produktivitas :ubinan pada 2 titik, Hasil ubinan (a.)5,75 kg Hasil ubinan (b).6,4kg Rata” =(5,76+6,4) =12,17.12,16:2=6,08 kg Produktivitas =6,08×160 =9,728kg =9,728 ton per Hektar
Hasil ril petani biasanya 75 s/d.80% ,dari poroduktivitas karena ada potongan pematang , ada tanaman yang mati atau rusak , maka perediksi hasil hasil panennya 9,728×75 %=7,296 ton ini rumusan hasil dari pada tanaman jagung per hektar.

menanam beni jagung NK Perkasa telah kami anjurkan , karena di sini rentan penyakit Bulai, kalau sudah menyerang sulit di kendalikan, dan umur sekitar 10 hari sampai 2minggu beni jagung hibrida NK perkasa tahan dari penyakit Bulai terang Nardi.
NARDI menambahkan dalam harapannya harus peka dengan situasi apa yang menjadi kendala di lapangan segera kita atasi, Dan kalau dilihat kondisi tanah yang ada , tanah rendah atau dangkal jadi di perlukan draenase katanya.

Zein SE Camat Bolano memberikan penyampaian , Tentunya kami sebagai pemerintah mengharapkan pananaman jagung berkelanjutan sehingga bisa menunjang ekonomi masyarakat khususnya di kecamatan Bolano ucapnya camat.
adapun yang menjadi pengeluhan masyarakat seperti kurangnya pupuk yang bersubsidi, alat pengering, jagung, .mesin semprot, .dan alat pemangkas rumput , semua itu dibutuhkan petani memudakan petani menggarap lahan.
diwaktu berbeda Kopda Heri Setiawan Adiyanto
Babinsa Kodim 1306/DGL Koramil 11/Moutong diwilayah kecamatan tersebut menyampaikan kepada awak media , suatu kegiatan apapun kami berkewajiban untuk memantau, dan berupaya bagaimana mempersatukan masyarakat agar bisa menciptakan kerukunan aman dan damai (Asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed