oleh

BIMBINGAN TEKNIS OPTIMALISASI PELAKSANAAN SISTEM APLIKASI MENUJU DESA DIGITAL TAHUN 2021 DESA SE KECAMATAN LEMBEYAN

-Berita, Daerah-46 views

MC | Magetan, -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan satu terobosan dari Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si. di Indoneseia baru 9 Kabupaten/Kota yang sudah merilis termasuk Kabupaten Magetan. Kabupaten Magetan sendiri rencana akan ikut merilis juga.


Suprawoto menyampaikan “untuk pelayanan administrasi di Disdukcapil kini bisa dirilis dari desa kecuali, untuk KTP dan KIA soalnya terbentur dengan peralatan cetaknya yang beda. Jadi kalau KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian, pindah bisa diurus dari desa karena, sekarangkan menggunakan kertas HVS biasa putih, tidak seperti dulu ,itu sudah ada UU jadi setiap orang yang mengajukan akan diberi Pin nya lewat email jadi bisa dicetak sendiri.”
.
Semua identitas yang sudah atau baru saja diubah atau ditambah misalkan penambahan anggota keluarga disitu sudah ada KK sudah masuk disitu nanti di email sudah masuk bisa di cetak lewat komputer dan printer sendiri. Sosialisasi PP No. 11 Tahun 2021 tentang Bumdes dan Permedan PDTT No. 3 Tahun 2021 ini baru pembahasan belum ada penjelasan di otak saya karena masih nanti. jelas Suprawoto.

Undangan teman-teman melakukan pembinaan peningkatan kapasitas aparatur sumbernya dari macam-macam dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dinas Sosial, Disdukcapil, tujuannya bagaimana teman-teman nanti lebih menguasai penyelenggaraan pemerintahan desa yang mengarah pada sistem digitalisasi.
.
Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) ini adalah Kepala desa (kades), Sekretaris desa (sekdes), Bendahara dan Operator yang tujuannya untuk memadukan sinergi penyelenggaraan pemerintah desa. “kalau saya lebih kearah motivasi bagaimana bekerja menjadi lebih baik lagi menuju ke arah pelayanan yang modern dan serba Digital.” tambah EKO kepala dinas PMD kabupaten Magetan.

Jadwal Kegiatan Bimtek Optimalisasi Pelaksanaan Sistem Aplikasi Menuju Desa Digital.

  1. Hari Jumat , Tgl 18 Juni 2021 dimulai Pukul 13.30 Registrasi peserta/Chek in , setelah makan malam Pukul 19.00 Laporan ketua Panitia dilanjut dengan Pembukaan. Acara dibuka oleh Camat Lembeyan dilanjutkan Materi Ke I “Sinergi Data Kependudukan untuk Pelayanan Prima di Desa berbasis Aplikasi” nara sumber dari Kepala Disdukcapil Kabupaten Magetan.
    .
  2. Hari Sabtu, Tgl 19 Juni 2021 dimulai pukul 06.00 olahraga pagi diteruskan makan Pagi dilanjutkan Materi Hari II “Sosialisasi PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa dan Permendes PDTT Nomor 3 Tahun 2021 nara sumber Kadin PMD Kab. Magetan, Coffe Break dilanjut Materi Ke III : ‘Review SIDESKEL, Pembuatan WEB Desa dan WEB Produk / Potensi Unggulan Desa.” Nara Sumber dari Diskominfo Kab. Magetan , pukul 12.00 ISHOMA Pukul 13.00 masih melanjutkan Materi III, setelah Coffe Break Materi ke IV “Review Aplikasi SISKUEDES,” Nara Sumber dari Dinas PDM Kab. Magetan dilanjutkan Materi Ke V “Review Aplikasi EPDESKEL, SIPADES dan SIMANIS” dari Dinas PMD Kab. Magetan, Pukul 21.30 Peserta Coffe Break dan istirahat.
  3. Hari MInggu Tgl 20 Juni 2021 , acara diawali dengan olah raga pagi dan sarapan pagi, dilanjut pukul 08.00 Materi Ke VI “Update Aplikasi SIKS-NG Tahun 2021.” Nara sumber Pemkab Magetan , Acara ditutup pukul 11.30. (supari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed