oleh

Panen Perdana Petani Porang Kab.Tojo Una Una

-Berita, Daerah-16 views


MC | Tojo Una-Una, -Porang, siapa yang tidak kenal porang? tanaman jenis umbi-umbian ini lagi jadi trend dikalangan petani kebun. Tanaman Porang sekarang lagi di galakkan oleh pemerintah daerah di karenakan hasil dari tanaman ini sangat menjanjikan,di samping itu juga untuk perawatan tanaman ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ekstra seperti tanaman-tanaman lain.


Petani Porang I Ketut.S di desa Bantuga Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah yang sebagian lahan perkebunannya ditanami umbi-umbian jenis Porang ini pada (20/6/2021) kemarin melakukan panen perdana. Porang ini dia tanam sejak (28/9/2020) tahun lalu, 6 (enam) bulan kemudian baru dia panen.
.
Ketut sapaan akrab petani tersebut menuturkan “untuk menanam Porang tidak dibutuhkan biaya yang mahal dalam perawatannya,saya tidak memakai pupuk ataupun pestisida yang umum digunakan oleh petani ketika menanam selain porang, dikarenakan porang ini tanaman yang sangat rentan terhadap bahan obat-obatan tanaman yang mengandung insektisida.” terangnya.
.
“saya ini tergolong petani porang pemula di wilayah kabupaten Tojo Una-Una, namun berdasar pengalaman saya, saya harapkan kepada teman-teman petani porang yang agar tidak menggunakan pupuk atau obat-obatan perangsang tumbuhan.”
.
Dari kurun masa tanam selama kurang lebih 6 bulan ini, tanaman porang Ketut ketika panen mempunyai bobot 800gram hingga 1200gram. Hasil dari panen ini rencanya akan dia olah menjadi makanan khas daerah Tojo Una-Una, di samping untuk memenuhi kebutuhan pangan porang juga sangat menjanjikan jika kita jadikan komoditi exspor sebagai bahan obat-obatan.
.
Jika hal ini bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar exspor porang ke wilayah asia,tidak menutup kemungkinan akan mendongkrak perekonomian petani porang yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una pada kususnya dan petani Porang di wilayah Sulawesi Tengah pada umumnya.
.

Ketut juga menyampaikan apresiasi kepada “pemerintah daerah Kabupaten Tojo Una-Una Bapak Bupati Muhammad Lahay,SE,MM., kemudian Dinas Pertanian Kabupaten Tojo Una-Una Ir, Nur Rahmat Lahay yang mana sangat membantu dalam kegiatan bercocok tanam Porang ini dan yang terakhir Camat Ampena Tete Muh.Ichsan.Mursali,SP,Msi. yang selalu mensuport dan memberikan motivasi kepada petani porang yang ada diwilayahnya.” tutupnya (i.k.sirupawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed