oleh

Program P3-TGAI, Bantu Petani Desa Air Terang Tingkatkan Hasil Pertanian

-Berita, Daerah-26 views

MC – Buol – Dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipasif di wilayah Sulteng.

Balai Besar Wilayah Sungai Sulawesi III melalui pejabat pembuat komitmen (PPK) Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) turut melaksanakan P3TGAI di Desa Air Terang Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol yang mana pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat dengan diberikan upah sehingga menambah penghasilan atau penduduk setempat.

Kepala Desa Air Terang, Jamaludin Besama menuturkan berdasarkan kebutuhan yang ada Desa khususnya bidang pertanian memang kami sangat diuntungkan program ini, yakni terbantu dengan bagus karena ini salah satu dari pada kebutuhan di Desa kami.

Adanya pekerjaan irigasi tersier dan fasilitas lainnya tersebut yang mana sebagai pekerjaan rumah juga bagi Desa dalam membantu petaninya.

“Olehnya program percepatan peningkatan tata guna air irigasi ini sangat membantu, apalagi ditengah pandemi saat menjadi tambahan penghasilan sebagian kelompok masyarakat yang ada di Desa saya,” ucap Jamaludin pada media belum lama ini.

Dikatakannya, dalam hal ekonomi kerakyatan dibidang pertanian Desa Air Terang merupakan Desa swasembada dengan luasan lahan sekitar 200 Ha, yang memang sangat memerlukan bantuan-bantuan semacam ini dengan cara swakelola langsung ke kelompok untuk pelaksananya.

“Jadi kami sangat bersyukur bahwa dengan adanya program P3-TGAI tahun 2021 dengan panjang sekitar 253 meter dengan harapan bantuan kegiatan tersebut akan ada ketambahan lagi. Karena masih banyak kelompok-kelompok tani yang membutuhkan kegiatan seperti ini,” sambungnya.

Ia mengatakan untuk Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS) dengan mengucapkan terima kasih karena untuk yang ke tiga kalinya Desa Air Terang mendapatkan bantuan semenjak dari tahun 2018, dengan area terluas untuk persawahan di Kecamatan Tiloan. (IR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed