oleh

Pemerintah Kecamatan Sausu Gelar BIMTEK Satlinmas Desa

MC-Parimo,Rabu  (15/09/2021) Pemerintah Kecamatan Sausu mengadakan pelatihan LINMAS berupa peningkatan kapasitas dengan Nara Sumber Kadis Satpol PP dan Damkar Enang Pandake S.Sos,Kabid Linmas Zaitun,S.Sos dengan melibatkan seluruh anggota LINMAS Sekecamatan Sausu yang berasal dari seluruh Desa yang ada.

Acara ini merupakan wujud dari perhatian Pemerintah Kecamatan kepada LINMAS agar memiliki wawasan yang luas sehingga dapat membantu aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam Masyarakat.

Pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas oleh Sekcam Sausu Idham Karandja,S.Sos dimulai pada pukul 09.00 Wita. Setelah pembukaan dan sambutan serta arahan dari Pemerintah Kecamatan selesai maka kegiatan pelatihan tersebut dilanjutkan dengan materi materi dasar.

Idham Karandha,S.Sos selaku Sekcam Sausu mengucapkan terimakasih kepada anggota LINMAS di Kecamatan Sausu atas partisipasinya dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan pelatihan awal di lakukan penyampaian materi tentang tugas pokok serta fungsi dari linmas.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, aman dan tentram di wilayah Kecamatan Sausu.

Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah :

  • Meningkatnya kualitas SDM Linmas
  • Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas
  • Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis
  • Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum
  • Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan simulasi kentongan sebagai tanda terjadinya suatu keadaan darurat semisal kebakaran dll yang digelar di Balai pertemuan Amanah Desa Torono.

“Semoga dengan adanya pembinaan ini, Linmas Kecamatan Sausu jadi semakin semangat dan tangguh dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat dan mampu menciptakan keseimbangan dalam menciptakan ketertiban dan keamanan khususnya di Kecamatan Sausu.” Ujar Sekcam sausu.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kepala Desa Sekecamatan Sausu dan Babinsa Torono Pelda Zainal

(Arik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed