oleh

Gelar Workshop Pamsimas Serta Pemberian Penghargaan Desa Dan Kabupaten Tahun 2021 Provinsi Sulawesi Tengah.

-Berita, Daerah-47 views

MC-Sulteng, Gelar Workshop evaluasi dan keberlanjutan Program Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), serta Pemberian penghargaan untuk Desa, Kabupaten Tahun 2021 dilaksanakan pada 14/10 di Hotel Best Western Coco Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten I, Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber daya Air Provinsi Sulawesi Tengah, para Kepala Dinas, Badan Terkait Program Pamsimas Lingkup Provinsi dan Kabupaten se Sulawesi Tengah, Ketua Central Project Management Unit (CPMU) Program Pamsimas Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI yang mengikuti secara Virtual, Ketua PPMU Pamsimas III, Ketua DPMU Pamsimas III se Sul-teng dengan Para narasumber.
Kegiatan ini digelar secara langsung maupun melalui video Teleconfrens, berdasarkan DPA APBD Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah (Nomor;DPA/A.2/1.03.0.00.02.0000/001/2021 Tanggal 07 Mei 2021), kegiatan Pengelolaan dan pengembangan Sistem penyedian Air Minum (SPAM) Lintas Kabupaten dan Kota.
Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan tentang tujuan workshop ini adalah, Mendapatkan informasi terkait target capaian program Pamsimas, Baik tingkat Provinsi Maupun Kabupaten. Kedua, Pemerintah Daerah Melalui DPMU , dapat menyusun Strategi Pencapaian target bersadasarkan Indikator Pencapaian kinerja, dengan melakukan Identifikasi isu-isu serta tantangan untuk memenuhi GAP , dalam penyediaan Akses universal air minum dan sanitasi di Perdesaan dan Periurban. Ketiga, Pemerintah Daerah melalui DPMU, mengidentifikasi isu dan tantangan dalam pencapaian Target Akses 100% air minum dan Sanitasi layak dan aman serta berkelanjutan. Keempat, mendapatkan rekomendasi yang dapat Dijadikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan dan strategi keberlanjutan, Pencapaian akses Air minum dan Sanitasi Layak dan Aman.
Setelah penyampaian tujuan workshop dilanjutkan dengan acara pemberian penghargaan, diawali dari Kabupaten Poso yang mendapatkan nilai 100, Kabupaten Parigi Moutong dengan nilai 99,12 dan Kabupaten Boul mendapatkan nilai 99, penyerahan penghargaan tersebut diserahkan oleh Asisten I yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah.
Selesai penyerahaan penghargaan kegiatan berjalan kembali langsung dibawakan dari beberapa Narasumber kegiatan CPMU Program Pamsimas III, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, BAPPEDA Provinsi Sulteng dan Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Sulteng.
Disini ABD. RAZAK MT selaku Kepala Dinas Cipta Karya dan SDA menyampaikan kepada awak media, dengan adanya pemberian penghargaan kepada Desa dan Kabupaten yang terbaik dalam melaksanakan program PAMSIMAS ini, lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop ini mudah-mudahan desa maupun kabupaten akan semakin mengerti dan akan termotivasi untuk semakin meningkatkan kinerjanya dalam pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi yang aman bagi masyarakatnya.
Lanjutnya, Kewenangan pemerintah daerah provinsi dalam pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi ini, dibatasi oleh aturan perundang-undangan, khususnya menurut undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah, provinsi hanya berwenang di KSP (Kawasan Strategis Provinsi) yang sudah dituangkan dalam RTRW Provinsi, kawasan regional (daerah perbatasan), mendukung penuntasan Schystosomiasis, lokasi desa Stunting, desa miskin dan lokasi daerah tertinggal. Oleh karena itu diharapkan pemerintah Kabupaten lebih meningkatkan perannya dalam rangka pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat terhadap air minum, termasuk juga sanitasinya.
Kewenangan untuk pemenuhan kebutuhan pokok Air Minum dan Sanitasi ini, sebetulnya merupakan kewenangan wajib bagi Kabupaten/kota. Provinsi itu hanya membantu pada lokasi-lokasi yang bisa dimasuki sesuai dengan aturan perundang-undangan sebagaimana yang saya sudah sebutkan jelasnya. (Fadri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed