oleh

Pulau Togean Diusulkan Menjadi Destinasi Super Prioritas Nasional

MC, Palu – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura didampingi tim ahli, Ronny Tanusaputra dan Dr. Yunan Lampasio pada acara pemaparan hasil Kadis Pariwisata, Bupati Tojo Una – Una Mat Lahay dan Tim Pengkaji Kawasan Pulau Togean menjadi destinasi super prioritas nasional. Diruang kerja Gubernur pada Selasa (31/5/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng, Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd mengatakan bahwa wujud dukungan bidang pariwisata terhadap visi dan misi Gubernur Sulteng “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Maju dan Sejahtera” melalui usulan kasawan pulau togean menjadi destinasi super prioritas nasional.

Diah menyebut, dalam pengembangan destinasi pariwisata di Sulawesi Tengah ada dua, yaitu Destinasi UnderWater dan Destinasi Peradapan.

Sementara Ketua Tim Pengkajian Kepulauan Togean, Dr. Yuldani Pingkan, menyampaikan usul Destinasi Super Prioritas Kepulauan bertujuan untuk pengentasan kemiskinan. Karena angka kemiskinan di Kabupaten Tojo Una Una masih sangat tinggi, tetapi sumber daya melimpah khususnya di bidang pariwisata.

Menurutnya, peluang Destinasi Super Prioritas Nasional Pulau Togean karena sudah dikenal sebagai Taman Nasional, Sebagai Cagar Biosfer Dunia, Destinasi Wisata Warga IKN dan Menjadi Destinasi Wisata Dunia, masuk Wisata alam Konservasi berkelanjutan. Selain itu juga mendapat status sebagai Geopark, dan sudah mendapat dukungan dari Unesco.

Gubernur Rusdy menyatakan selain mendukung, hal ini akan disampaikan langsung kepada Presiden RI agar Pulau Togean menjadi Kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional .

Dikatakannya, Sulawesi Tengah merupakan daerah peradapan dunia yang harus di bicarakan dan diteliti kebenarannya seperti “Teori Darwin ” lahirnya di Pulau Walea.
Demikian juga dengan peningkatan sarana pendukung ke parawisataan seperti Bandara, Transportasi dan pendukung Keparawisataan, agar di lakukan kajian yang akurat untuk disampaikan secara terinci kepada Presiden.

“Nantinya agar promosi destinasi wisata harus ditingkatkan utamanya promosi wisata melalui Informasi teknologi, dan selain itu juga agar dilaksanakannya Festival World Coral Triangle ( Coral in The World ) di Pulau Togean Kabupaten Tojo Una Una,” pinta Gubernur Rusdy. (IR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed