oleh

Bupati Magetan Serahkan 500 Sertifikat Tanah Program PTSL warga desa Nguri Kecamatan Lembeyan.

MC-Magetan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah Program strategis nasional, yang dilaksanakan bersama sama seluruh stake holder lain agar terlaksana dengan baik, tujuannya menjamin kepastian hukum hak atas tanah maupun mengurangi sengketa lahan.

Bertempat di Aula pertemuan desa Nguri Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan sebanyak 500 sertipikat tanah di serahkan ke warga pemilik lahan dan ini merupakan penyerahan tahap 1 dan direncanakan akan ada tahap berikutnya sampai 3505 sertipikat yang ikut program PTSL diserahkan semua. (Kamis, 7 /7/2022)

Hadir dalam kegiatan ini Suprawoto Bupati Magetan, Bambang Gunawan Kepala Kantor ATR/ BPN Magetan, Camat Lembeyan Saiful Yani serta Fokompinca setempat dan warga penerima sertipikat.

Bambang Gunawan Kepala Kantor ATR/ BPN Magetan mengatakan” Desa Nguri ini merupakan desa dengan pengajuan terbanyak se kab Magetan yaitu 3.505 bidang. Sertipikat merupakan bukti sah kepemilikan atas tanah. Dan diharapkan masyarakat menggunakannya untuk kegiatan yang produktif. Jangan digunakan untuk hal yang konsumtif. Magetan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang membebaskan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHATP) pada semua pemohon sertipikat melalui program PTSL ini. ” jelasnya.

Suprawoto Bupati Magetan menjelaskan ” Kita harus permudah masyarakat dalam mengurus sertipikat hak atas tanahnya dengan memfasilitasi bebas BPHATP .Diharapkan dengan adanya sertipikat ini akan mengurangi konflik dan sengketa terkait masalah pertanahan serta akan ada kekuatan hukum atas kepemilikan tanah ,selain itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat”pungkas Bupati.

Sriyono kepala desa Nguri menuturkan ” Penyerahan sertipikat ini memang sangat ditunggu oleh masyarakat, dengan harapan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat sekaligus mengurangi konflik atas tanah. Dan kedepan bisa menjadi sarana peningkatan ekonomi bagi masyarakat desa Nguri “tuturnya.

Eko Fahrudin Ketua Pokmas PTSL Nguri mengatakan ” Hari ini adalah tahap ke 1 diserahkan 500 sertipikat dari total 3505 sertipikat yang siap dibagikan ke masyarakat desa Nguri. Dalam proses sertipikat ini tidak ada kendala yang berarti, kami selalu koordinasi dengan pemdes terutama dengan Mbah Lurah jika menemukan permasalahan yang ada, alhamdulilah semua berjalan dengan baik. ” pungkasnya.

Sementara itu Maryati warga penerima sertipikat mengatakan “Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah desa Nguri dan Pokmas yang telah mefasilitasi kami sehingga bisa memperoleh sertipikat tanah dengan mudah dan murah. “ujarnya Video kegiatan ini di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan (Jurnalis Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed