oleh

KKN Di Bareng Jombang, Mahasiswa UPN Veteran Surabaya Turut Kembangkan Program Ekonomi Kreatif.

-Berita-23 views

MC,Jombang- Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Melalui program KKN, mahasiswa diberikan kesempatan untuk memahami masalah di masyarakat sekaligus menemukan alternatif solusi yang tepat sesuai kebutuhan dengan cara terjun langsung di tengah-tengah warga.

Mahasiswa diharapkan bisa melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada masyarakat guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan

Seperti salah satu kelompok Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN) Surabaya yang melaksanakan KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) di Desa Bareng, Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.

Kelompok KKN 96 yang diketuai Mochammad Mirza Saputra tersebut berada di kota Jombang sejak akhir Maret hingga akhir Juni 2022. Kegiatan Mirza bersama 9 anggota nya fokus dalam mengembangkan kewirausahaan dan ekonomi kreatif yang berada di desa bareng tersebut yakni UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Kegiatan utama KKN kami fokusnya di kegiatan Kewirausahaan dan Ekonomi seperti pemberdayaan UMKM gitu. untuk memberdayaan UMKM di Desa ini”. Ujar Mirza.

“Kalau menurut kami UMKM di sini masih tahapnya masih ditengah tengah berkembang, untuk permasalahan pemasaran online-nya masih belum, pembuatan logo produk usaha, terus legalitas kayak NIB juga masih belum. Jadi kami di sini membantu mereka untuk mengembangkan hal tersebut”. Lanjut Mirza

Bukan tanpa kendala, Kelompok 96 dalam mengedukasi masyarakat pentingnya pemasaran online, legalitas serta logo usaha. Termasuk untuk produk produk andalan seperti bidang pertanian.

“Mungkin ada UMKM yang belum paham pentingnya legalitas dan pemasaran online serta ada wilayah salah satu bagian desa yang kesulitan jaringan internet, sehingga agak sulit melakukan marketing online”. Terang Mirza.

“Di sini ada yang menonjol itu ada organik Pak. Itu satu-satunya yang Jombang yang sudah memiliki sertifikat dari lembaga sertifikasi organik. Dan saat ini menurut kami kurang di dalam pemasaran online, sehingga kami membantu di platform bidang pertanian Tanihub”. Jelas Mirza

melalui ketua kelompoknya, Kelompok 96 memberikan apresiasi serta harapan kedepannya kepada warga desa bareng yang mereka kesankan seperti keluarga sendiri. Yang kadang mereka diundang makan merasa begitu akrab.

“Terima kasih untuk Desa Bareng terutama untuk pelaku UMKM yang tiga bulan seperti masih satu minggu kami di sini rasanya sangat betah dan juga dari masyarakat, pelaku UMKM juga baik. kami jadi kami merasa kerasan lagi seperti di rumah sendiri gitu”. Ungkap nya.

foto : Mahasiswa sosialisasi digital /online marketing kepada UMKM.

“Mudah mudahan Di sini semakin berkembang, makin banyak UMKM yang tumbuh, SDM-nya berkembang juga, juga mulai meningkatkan perekonomiannya. Alamnya semoga mulai dibudayakan, mulai dimanfaat mulai dikembangkan lagi”. jelas Mirza.

“Sedangkan harapan anak-anak usia muda untuk lebih mengenal kewirausahaan nantinya bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi masa persaingan global dan untuk anak-anak anak mudanya Semoga anak mudanya lebih berani untuk memulai usaha”. Tutup nya

foto: kelompok 96 KKN UPN Veteran Surabaya Tahun 2022

Kelompok 96 KKN Universitas Pembangunan Nasional UPN Surabaya di Desa Bareng , kecamatan Bareng Kabupaten Jombang tahun 2022.

  1. Mochammad Mirza Saputra (19025010058) Program Studi Agroteknologi
  2. Ardyan Anjar Wahyudi (19025010012) Program Studi Agroteknologi
  3. Yuyun Septiani (19012010027) Program Studi Manajemen
  4. Rani Melati Oktadifa (19013010192) . Program Studi Akuntansi
  5. Vigati Wandan Lestari (19042010007) Program Studi Administrasi Bisnis
  6. Shofwan Mohammad Firmansyah (19041010150) Program Studi Administrasi Publik
  7. Intan Sari (19024010006) Program Studi Agribisnis
  8. Claressia Sirikiet Wibisono (19071010130) Program Studi Hukum
  9. Mayang Dwi Sayekti (19042010003) Program Studi Administrasi Bisnis
  10. Mohammad Afthon Naharuzzen (19025010218) Program Studi Agroteknologi. (adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed