oleh

Lomba Cipta Menu Pangan Gunakan B2SA Pangan Non Beras

-Berita-67 views

MC-Parimo, Saat ini sumber pangan pokok masih tergantung pada beras dan terigu, sehingga diperlukan upaya pengembangan sumber daya pangan lokal seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar, pisang maupun sumber bahan lokal yang tersedia disekitar lingkungan tempat tinggal.

Potensi besar pangan bersumber non beras ini mudah didapatkan di Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong, baik dipekarangan rumah maupun disawah.

Ketua TP-PKK Kecamatan Bolano Lambunu Sarkiyah Antar M.Nusa.S.Pd.I , yang didampingi oleh Kepala Seksi Pengembangan Ekonomi Kantor Camat Bolano Lambunu Sri Yayu A.Salama.SH, saat menghadiri Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA),Tingkat Kecamatan di Aula Terbuka Kantor Camat Bolano Lambunu. (Senin.18/07/2022) ketua TP-PKK mengatakan,” Selain karbohidrat,potensi pangan kita di alam yang begitu melimpah adalah sayur, buah, sumber pangan hewani seperti daging sapi, ayam dan juga ikan air tawar, yang sangat penting di konsumsi sebagai upaya untuk mendukung terciptanya hidup yang sehat, aktif serta produktif.”ungkapnya.

Selain beras sebagai sumber pangan utama Kecamatan Bolano Lambunu memiliki potensi berupa keanekaragaman kekayaan alam, melimpah seperti buah dan sayuran, Potensi tersebut bisa diolah sebagai bahan pangan pengganti. “Bagaimana cara kita mengolah dan mengkreasikan bahan pangan tersebut agar menjadi sumber karbohidrat yang disukai oleh keluarga untuk mengurangi ketergantungan pada beras dan terigu,”lanjutnya

Sementara itu,Camat Bolano Lambunu (Aftar M.Nusa.S.Sos.MM) yang turut hadir mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya nyata dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengenal,mengolah dan mengkonsumsi sumber-sumber pangan lokal di Bolano Lambunu dengan tetap berpedoman pada keseimbangan gizi. ” Wujud kekayaan dan keanekaragaman menu di Kecamatan Bolano Lambunu, ini dari hasil karya cipta ibu-ibu mampu menghasilkan menu dari produk lokal,” ungkap Aftar M.Nusa.S.Sos.MM.

Lomba cipta menu B2SA pangan non beras yang digelar dalam rangka menyambut HUT Kecamatan Bolano Lambunu ke-18 ini diikuti oleh TP-PKK Desa sejumlah 14 tim. Berbagai macam masakan mulai disajikan untuk dinilai dari tim dewan juri yang terdiri dari unsur UPTD Puskesmas Lambunu 2 dan Dharma Wanita Persatuan Kec.Bolano Lambunu.

Da Deeri penilaian tersebut.juara lll diraih TP-PKK Desa Tirtanagaya, juara ll diraih TP-PKK Desa Lambunu Timur dan juara l diraih TP-PKK Desa Petunasugi.(asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed