oleh

UPACARA PERINGATAN HUT KE-18 KEC.BOLANO LAMBUNU

-Berita, Daerah-80 views

MC-Parimo,-Camat Bolano Lambunu Aftar M.Nusa.S.Sos.MM bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan HUT ke-18 Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong yang digelar dihalaman Kantor Camat Bolano Lambunu. Dihadiri Ketua TP-PKK Bolano Lambunu, Sekretaris Kecamatan, Kapolsek dan Danramil ( Babinsa ).

Peringatan dalam rangka HUT ke-18 Kecamatan Bolano Lambunu ini pada Senin,18/7/2022 mengusung dengan tema ” Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Untuk Menuju Kecamatan Bolano Lambunu Terdepan di Kabupaten Parigi Moutong.” Tema ini dilandasi dengan semangat untuk menumbuhkan kembali partisipasi masyarakat melalui kegiatan partisipatif.

Bertindak selaku pemimpin upacara pada kesempatan kali ini adalah Ahmad Kusniman.SH (anggota Satpol PP). Selanjutnya yang bertugas sebagai pembaca UUD 1945 Moh.Nawir.S.Sos (Kasi Pemerintahan), pembaca doa Husba UT.SH ( Kepala KUA ), pembaca sejarah pemekaran kecamatan Ramli Borman, SE ( mantan Camat Bolano Lambunu pertama ).

Dalam pidatonya Camat Bolano Lambunu menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-18 dijadikan momentum evaluasi sumbangsih semua elemen untuk kecamatan khususnya dalam mendorong terciptanya peningkatan partisipasi masyarakat di Kecamatan Bolano Lambunu.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama, dan cendekiawan serta seluruh elemen masyarakat Kecamatan Bolano Lambunu yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di kecamatan ini. Karena dalam suasana yang aman, tentram, damai dan demokratis inilah, kita dapat melaksanakan tahapan pemerintah, pembangunan dan sosial kemasyarakatan di kecamatan ini.”lanjutnya.

Seiring dengan perjalanan waktu, Kecamatan Bolano Lambunu mengalami perubahan yang signifikan baik fisik, sosial, budaya,ekonomi dan lingkungan sehingga setiap individu didorong untuk meningkatkan keterampilan dan partisipasi dalam pembangunan.

” Dengan adanya kecenderungan penurunan partisipasi masyarakat dalam pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan maka ada beberapa hal yang mendasar yang perlu disikapi bagi kita semua untuk dapat menumbuhkan kembali partisipasi masyarakat, diantaranya melalui dibangunnya wahana partisipasi masyarakat, penerapan pembangunan yang partisipatif, partisipasi sebagai hak dan kewajiban yang menjadi budaya dan adanya keteladanan pemimpin formal maupun informal sekaligus sebagai motivator,” tegas Aftar M.Nusa.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang juara 1,2 dan 3 kompetisi sepak bola dan lomba lari 10 KM yang terbagi atas beberapa kelompok dan usia.(asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed