oleh

Ikut Peduli Alam, Jalapati Surabaya hadiri Hari Mangrove se-Dunia di Koarmada II.

-Berita-26 views

MC,Surabaya-Jalapati ikut serta partisipasi dalam pelaksanaan penanaman mangrove di markas Koarmada II Surabaya pada Selasa 26 Juli 2022.

Acara tersebut diselenggarakan Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022, mengambil tema ”Dengan Semangat Hari Mangrove Sedunia Kita Tumbuhkan Mangrove di 77 lokasi jajaran TNI AL di seluruh Indonesia”. Jalapati mengikuti seremoni penanaman mangrove serentak dengan menanam 25.000 batang pohon mangrove yang bertempat di lahan penanaman mangrove Semampir Baru DBAL Ujung Surabaya.

Sekjen Jalapati Teguh Widodo melalui Humas nya Mikhael Markus bersama 30 anggota Jalapati Surabaya merasa bangga bisa mengikuti kegiatan tanam mangrove yang kegiatannya diselenggarakan secara virtual nasional yang terpusat di Tanjung Pasir Tangerang Jawa Barat dihadiri Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Selasa (26/7).

“Kami merasa bangga bisa ikut berpartisipasi dalam rangka kegiatan menanam mangrove di Koarmada II ini, bukan kali ini saja kami mengadakan kegiatan peduli alam, sebelumnya kami juga melaksanakan tanam mangrove di Manyar Gresik , menanam bibit pohon tabebuya dan kegiatan sosial yang lain”. Kata Mikhael Markus

Humas Jalapati tersebut juga mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya melestarikan alam serta meminimalisir dampak bencana. “Mangrove ini juga mampu menahan ombak, mencegah abrasi bahkan mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh bencana tsunami”. Kata Markus

“Selain itu mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena mampu menyerap polutan atau asap dari udara, serta juga sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut. Dari sisi ekonomi, mangrove mampu menghasilkan kayu untuk bahan bangunan”. Jelas Humas Jalapati.

Masyarakat diajak bersama sama untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi di wilayah Surabaya dan sekitarnya dengan cara memelihara dan menjaga pohon mangrove yang di tanam agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga kedepannya diharapkan ekosistem dan biota laut dapat memberikan andil dalam meningkatkan kondisi ketahanan nasional pada tingkat yang semakin handal.

Acara dimulai dengan sambutan Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II, sambutan Gubernur Jatim yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Penyerahan tali asih kepada perwakilan masyarakat pesisir, penyerahan bibit secara simbolis kepada peserta penanaman pohon antara lain TNI AL, TNI AD, Polri, Pramuka Sakabahari, Dinas Pendidikan dan Ormas Kepemudaan. Kegiatan dilanjutkan dialog interaktif secara Vicon bersama Kasal dan Menteri Lingkungan Hidup dan diakhiri dengan penanaman pohon secara serentak berskala nasional.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed