oleh

Meriah !!! Bersih Desa Bogorejo Kecamatan Barat Kabupaten Magetan

-Berita, Daerah-15 views

MC-Magetan, Sebagai upaya melestarikan budaya bangsa dan meng “uri-uri” budaya adiluhung Jawa,Desa Bogorejo Kecamatan Barat Kabupaten Magetan mengadakan Bersih desa dengan menggelar seni Karawitan yang dilanjutkan langeng beksan dan tayub yang diadakan di 2 punden yaitu Sendang Barat dan Gombel. Ikut tampil dalam kegiatan ini 7 sinden satu diantaranya adalah Bintari salah satu waranggono kondang di Magetan ,Rabu (27/7/2022) .

Dalam bersih desa ini juga dihadiri oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.Selain itu warga setempat dengan semangat luar biasa bahu membahu ikut mensukseskan acara tahunan sesuai tradisi desa setempat.Tidak ketinggalan dalam acara ini juga diramaikan oleh pedagang yang berduyun-duyun membuka stand dagangannya.

Ari Supriyadi Kepala desa Bogorejo dalam sambutannya mengatakan “Bersih desa ini adalah warisan budaya dari leluhur desa Bogorejo dengan harapan dan doa menjadikan warga desa Bogorejo bisa dijauhkan dari semua marabahaya oleh Allah SWT. Dengan adanya bersih desa ini diharapkan seluruh warga Bogorejo diberikan rejeki yang barokah ,melimpah,diberikan kesehatan,kedamaian dan diberikan kenikmatan oleh Allah SWT. “jelasnya.

Bersih desa diawali dengan selamatan ,setelah memanjatkan doa kepada Allah SWT yang dipimpin oleh sesepuh setempat yang ditujukan kepada para leluhur agar diampuni segala dosanya dan mendapatkan termpat terbaik di sisi Alllah SWT. Sebagai informasi penetapan hari pelaksanaannya dilaksanakan sesuai hari weton kepala desa tiap bulan Besar dan dilaksanakan siang hari sampai jam 5 sore.
Yang menarik di punden Sendang Barat ini terdapat 2 pohon besar yang menghasilkan sumber mata air yang tidak pernah kering meskipun di musim kemarau.

Untuk lebih mengetahui kegiatan lengkapnya bisa di klik di di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan. (Jurnalis :Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed