oleh

Pangkalan Saka Bakti Husada UPTD Lambunu 2, Tingkatkan Kualitas Instruktur SBH Perekrutan Anggota

-Berita, Daerah-56 views

MC-Parimo, (26/07/2022), Pukul : 09.00 – 13.30 Wita bertempat di Aula UPTD Puskesmas Lambunu 2 Kecamatan Bolano Lambunu, Kabupaten Parigi Moutong dengan Tekad dan Semangat tinggi untuk bergerak cepat setelah selesai melaksanakan kegiatan Sosialisasi Saka Bakti Husada (SBH) Kwaran Bolano Lambunu pada tanggal 18 Juli 2022, maka Rapat Kerja Mabisaka, Pimpinan Saka Bakti Husada dan Jajaran Pengurus Dewan Saka bersama Kapusdiklat Gerakan Pramuka dan Pimsus Orientasi Singkat Pusdiklat Kwarcab Parigi Moutong, menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Pembekalan Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka No.3 Tahun 2021 Tentang Peraturan Satuan Karya Pramuka Kegiatan ini semula direncanakan pada bulan Agustus 2022, mengingat padatnya kegiatan Puskesmas dan beberapa unsur terkait maka kegiatan tersebut dapat dipercepat pelaksanaan pada Minggu berikutnya.

Dengan terus berusaha untuk menunjukan yang terbaik adalah motivasi yang selalu dibangun oleh seluruh staf / anggota SBH UPTD Puskesmas Lambunu 2, terlihat dari beberapa peran sertanya dalam setiap kegiatan yang selalu memberikan hasil yang optimal.
Kegiatan Pelatihan dan Pembekalan ini diikuti oleh 35 Peserta dari 6 Tim Instruktur Krida (Sesuai PJ. Program Puskesmas) dan Juga Bidan Desa di Pangkalan UPTD Puskesmas Lambunu 2.

Acara di buka secara resmi oleh Kapusdiklat Gerakan Pramuka Kwarcab Parigi Moutong Kak Isbir Jihara, S.Pd.
Dengan menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi Kepada Kepala Uptd Puskesmas Lambunu 2 selaku Mabisaka, bersama Seluruh Staf / Instruktur / Pamong SBH dengan antusias tinggi dalam mengikuti dan menghidupkan gerakan Pramuka ini, beliau pun menyampaikan bahwa satu satunya Puskesmas yg melakukan pelatihan, pembekalan dan pembentukan Pangkalan SBH di Kwarcab Parigi Moutong ini adalah UPTD Puskesmas Lambunu 2, tegasnya!
hal ini pun sejalan yg disampaikan oleh Pimsus Orientasi Singkat Pusdiklat Kak In Yunus, S.Sos. bahwa kegiatan SBH ini harus menjadi upaya yang harus ditingkatkan dan dikembangkan di tingkat Kwaran ini secara berkelanjutan dan aktif berkarya untuk selalu menunjukan Organisasi Kesakaan Pramuka di Bidang Kesehatan ditingkat Kwaran yang mana SBH ini telah lahir sejak 17 Juli 1985. tambahnya..!

Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada dan juga sebagai Kepala UPTD Puskesmas Lambunu Kak Wawan Akibu, S.Kep.,Ns. Dalam sambutannya beliau menyampaiakan bahwa SBH Kwaran Bolano Lambunu ini, adalah baru pertama kali dibentuk, tentu hal biasa jika masih terdapat banyak kekurangan dan kesempurnaan dalam kegiatan gerakan Pramuka ini, untuk itu kami di Pangkalan SBH UPTD Puskesmas Lambunu 2 ini, kami tetap terus berupaya keberhasilan dan suksesnya SBH ini, dan ini tak luput juga untuk masih membutuhkan petunjuk, konsultasi dan koordinasi dalam penyelenggaraan SBH ini agar berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan.

Kemudian dilanjutkan dengan pembawaan materi oleh kedua Narasumber sebagai Pelatih Pembina Gerakan Pramuka di Kwarcab Parigi Moutong dengan beberapa materi Dasar Saka Bakti Husada (SBH) yaitu :

  1. Pengenalan Dasar Kesakaan dan SBH.
  2. Pengenalan Krida dalam SBH.
  3. Jukran dan Peraturan Satuan Karya Pramuka
  4. Strukturisasi Gerakan Pramuka dan SBH dalam Kwartir (Pusat-Ranting).

Peserta sangat merasa terkesan karena materinya disampaikan dengan sangat menarik dan interaktif serta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari ekspresi mereka yang penuh semangat dan begitu menikmati acara Diklat tersebut, terutama pada saat seluruh peserta diberi tugas untuk membuat bahan lagu SBH, berdiri bersama, membuat game lingkaran yang disertai nyanyian dan tepukan, Peserta Diklat instruktur tampak dengan penuh semangat bermain bersama selayaknya waktu masih penggalang pramuka atau saat di masa sekolah dasar dan menengah sehingga kegiatan berjalan dengan suasana menyenangkan.

Sebagai penutup sesi acara adalah penyerahan Sertifikat dan Piagam Penghargaan Kepada Peserta Diklat Instruktur dan Pamong SBH serta melakukan kegiatan Foto bersama sebagai akhir dari seluruh rangkaian kegiatan acara. (Asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed