oleh

Warga Desa Madigondo Terima 700 Serfitikat Tanah Program PTSL

MC-Magetan, Bertempat di balai desa Madigondo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan sebanyak 700 sertipikat tanah di serahkan ke warga pemilik lahan dan ini merupakan penyerahan tahap 1 dan direncanakan akan ada tahap berikutnya sampai sertipikat yang ikut program PTSL diserahkan semua.(Selasa 26 /7/2022).

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah Program strategis nasional, yang dilaksanakan bersama sama seluruh stake holder lain agar terlaksana dengan baik, tujuannya menjamin kepastian hukum hak atas tanah maupun mengurangi sengketa lahan.

Hadir dalam kegiatan ini Suprawoto Bupati Magetan, Bambang Gunawan S.Pd Kepala Kantor Pertanahan kabupaten Magetan yang diwakili Kacung Effendi Kasi Penetapan Hak dan pendaftaran, Fokompinca setempat dan warga penerima sertipikat.

Bambang Gunawan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Magetan melalui Kacung Effendi Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran mengatakan” Hari ini sudah dibagikan 700 sertipikat bidang tanah tahap 1 dan merupakan desa ke 4 dari 9 desa yang akan diserahkan tahun 2022 ini .Target tahun 2022 ini ada 11 bidang dan sudah 99,9 % ,tuntas tinggal desa Kedungguwo kecamatan Sukomoro yang akan diserahkan awal bulan Agustus 2022. ” tegasnya.

“Saat ini Kantor BPN Magetan sedang menyiapkan dan memfasilitasi UMKM maupun hasil produk home industri Magetan agar bisa dipasarkan produknya di aplikasi Ladara yang berbasis android yang di intruksikan dari pusat dan bersifat nasional” jelas K.Effendi.

Suprawoto Bupati Magetan menjelaskan ” Setelah mendapatkan sertifikat diharapkan bisa menyimpan dengan baik karena akan berlaku selamanya. Diharapkan dengan adanya sertipikat ini akan mengurangi konflik dan sengketa terkait masalah pertanahan serta akan ada kekuatan hukum atas kepemilikan tanah ,selain itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Sertipikat merupakan bukti sah kepemilikan atas tanah. Dan diharapkan masyarakat menggunakannya untuk kegiatan yang produktif. Jangan digunakan untuk hal yang konsumtif.”pungkas Bupati.

Setelah menyerahkan sertipikat Bupati didampingi K.Effendi melaunching batik Khas Madigondo yang dinamakan batik “Jero”. Video kegiatan ini di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan (Jurnalis Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed