oleh

Seminar Dan Pelantikan Ketum IlKI Jatim Baru : Akreditasi Agar Siap Bersaing Dengan Laboratorium Luar Negeri.

MC,Surabaya- Pimpinan Wilayah ILKI Jawa Timur menggelar Musyawarah Wilayah V ( MUSWIL V) di Hotel Harris kota Surabaya pada tanggal 28 – 30 Juli 2022. Workshop, Seminar Ilmiah dan Pameran yang terkait dibidang laboratorium merupakan rangkaian kegiatan ilmiah pada Musyawarah Wilayah PW ILKI Jawa Timur selain sidang organisasi.

Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI), sebagai organisasi yang beranggotakan laboratorium Kesehatan di seluruh Indonesia berkomitmen untuk mendukung anggotanya agar terus tumbuh dan berkembang serta dapat bersaing di era baru ini.

Dalam Muswil yang Dihadiri oleh Kadinkes Provinsi Jatim Dr. Erwin Ashta Triyon tersebut, pengurus pusat ILKI Purwanto melantik Pimpinan wilayah ILKI Jatim yang baru Santosa.

Dalam keterangan nya pengurus Pusat ILKI Purwanto mengatakan bahwa Seminar yang digelar ini adalah merupakan tentang akreditasi laboratorium dan validasi hasil pemeriksaan yang Tujuannya adalah hasil laboratorium itu akurat tepat sesuai dengan keadaan pasien

“Dan itulah yang harus dijaminkan. Politik asuran namanya. Ya, nah sehingga dengan itu dokter yang kami layani itu menentukan diagnosis dengan baik apa ya ujung-ujungnya kepada pasien, pelayanan pada pasien penanganan terapi yang sesuai harapannya tentu sembuh. Itu sebagai upaya kesehatan”. Jelas Purwanto pada 30/07/2022

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan bahwa akreditasi tersebut dipaksa Oleh pemerintahan karena terdapat Permenkes yang mengaturnya. Menteri Kesehatan dalam peraturannya akan membuka lembaga akreditasi mandiri NGO non-Government Organization.

“Kami ILKI sebagai asosiasi ya mengajukan diri membuat sebuah lembaga yang memang harus independen. Tidak dibawa organisasi. Maka harus mengurus sendiri apa tata aturannya masuk harus apa ya menyelesaikan di tingkat Menteri Kumham”. Terang Purwanto

Kadinkes Jatim Dr. Erwin mengungkapkan turut senang bisa menggelar acara tatap muka dan mendapatkan banyak inspirasi dari kegiatan yang digelar oleh ILKI yang ke lima di tahun 2022 tersebut.

“Sudah hampir dua tahun. Kita enggak bisa secara offline memberikan update keilmuan buat teman-teman semua sehingga hari ini saya sangat senang sehingga nanti harapan ke depan update itu kualitas SDM terkait dengan layanan untuk masyarakat terkait apa laboratorium betul-betul bisa lebih optimal lagi”. Ungkap Erwin

Kadinkes Jatim Tersebut memberikan banyak arahan supaya mutu menjadi hal yang penting untuk ditekankan di acara ILKI tersebut. Caranya untuk meningkatkan mutu yang salah satunya mendorong untuk akreditasi. sudah ada regulasi terkait dengan apa berupaya untuk pemantapan Mutu maupun internal maupun eksternal.

Sedangkan Ketua Baru ILKI Jatim Santosa, menjelaskan program kedepan asosiasi yang anggotanya berjumlah 278 tersebut bisa bersaing dengan laboratorium luar negeri .

“Kami lebih menekankan semua sistem di mana antara setiap organisasi kesehatan akan bersatu membantu pemerintahan dan swasta, untuk mewujud bagaimana kita memberikan hasil yang baik, lab yang baik. Kualitas yang baik yang sudah disampaikan sama Kadinkes sama bapak PP ILKI pusat”. Terang Santosa pada 30 Juli 2022.

foto : (dari kiri) Ketum ILKI Pusat Purwanto dan ketua ILKI Jatim Santosa

“Harapannya kita di bidang kesehatan ini terutama di laboratorium bisa membantu di pemerintahan untuk mewujudkan bagaimana hasil yang bagus, terukur, dan bisa dipertanggung jawabkan sehingga kita bisa bersaing untuk ke luar negeri. Itu yang kami harapkan”. Tutup Santosa (adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed