oleh

Subdit Tipidter Krimsus Polda Jatim Ungkap Perdagangan Ilegal Hewan Dilindungi.

-Berita-18 views

Mc, Surabaya-Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda menangkap pelaku terkait tindak pidana konservasrsi Sumber daya alam. Dalam pers rilis yang digelar 26 Agustus 2022 yang digelar di gedung Bidhumas Polda Jatim tersebut dalam keterangannya, Kabidhumas Kombespol Dirmanto mengatakan bahwa penangkapan itu dilakukan tiga bulan terakhir yakni bulan Juni Juli dan Agustus 2022 .

Petugas yang mendapatkan 5 Laporan polisi tersebut, berhasil mengamankan atau tersangka 5 orang. Diantaranya 2 orang statusnya memperdagangkan satwa yang dilindungi kemudian 3 orang merupakan orang yang menguasai satwa yang dilindungi.

Kemudian jenis-jenis yang Barang bukti yang diamankan burung mamalia maupun jenis reptil. Tersangka membandrol harga dari mulai Rp500.000 sampai dengan 20 juta. Seperti burung cendrawasih mereka perdagangan 1 ekor dengan harga 20 juta.

Seperti yang disampaikan Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Zulham bahwa Tersangka menjual secara online dan juga juga melalui komunitas. ” karena memang masyarakat yang memiliki hobi untuk memelihara hewan hewan yang ada di depan kita tidak banyak banyak jadi mereka satu komunitas yang kedua juga Mereka menjual melalui online”. Kata AKBP Zulham.

“Binatang ini sebagian besar ditangkar oleh mereka artinya ada tempat tersendiri ada tempat khusus. Mereka kemudian memperdagangkan , ada pembeli datang ke tempat mereka memilih kemudian bertransaksi di lokasi kemudian dikirim barangnya”. Jelasnya

“Jadi mereka ada tempat khusus karena kalau kita lihat Hewan yang ada di depan kita ini adalah hewan-hewan yang langka dan memang butuh perlakuan khusus”. Terang AKBP Zulham.

Tersangka, terancam hukuman sesuai dengan undang-undang 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem adalah ancaman hukumannya 5 tahun dan denda Rp100 juta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed