oleh

Nguri uri Budaya” Desa Balerejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Adakan Bersih Desa

MC-Magetan, Dalam rangka melestarikan adat budaya dan menguri uri budaya adiluhung Jawa,Desa Balerejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan mengadakan Bersih desa . Acara diawali dengan selamatan dipunden Trambo mendoakan leluhur desa Banjarejo dan dilanjutkan langeng beksan dan tayub di punden Semanding ,Sabtu (27/8/2022) .

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Magetan H Sujatno SE.MM , Ketua BPD, Ketua RW , Ketua RT dan masyarakat desa Balerejo.

Kepala desa Balerejo Teguh Sigit T mengatakan “Bersih desa ini adalah warisan budaya dari leluhur desa Balerejo dengan harapan dan doa menjadikan warga desa Balerejo bisa dijauhkan dari semua marabahaya. Punden Trambo ini merupakan tetenger dulu prajurit kraton pernah singgah disini. Disini sebenarnya bukan makam tapi merupakan tempat tetesan darah saat prajurit keraton singgah di Balerejo. Dengan adanya bersih desa ini diharapkan seluruh warga Balerejo diberikan rejeki yang barokah ,melimpah,diberikan kesehatan,kedamaian dan diberikan kenikmatan oleh Allah SWT. “jelasnya.

Bersih desa diawali dengan selamatan ,setelah memanjatkan doa kepada Allah SWT yang dipimpin oleh sesepuh setempat yang ditujukan kepada para leluhur agar diampuni segala dosanya dan mendapatkan termpat terbaik di sisi Alllah SWT.

Sementara itu Ketua DPRD Magetan Sujatno mengatakan ” Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Balerejo mengadakan kegiatan pelestarian budaya ini sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada warga Desa Balerejo dan mendoakan leluhur yang babad desa agar diterima Alah SWT. Sekaligus sebagai ajang mempererat silahturahmi antar warga karena budaya adalah salah satu elemen untuk memperat peratuan dan kesatuan bangsa melalui budaya gotong-royong.”pungkasnya.

Untuk lebih mengetahui kegiatan lengkapnya bisa di klik di di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan. (Jurnalis :Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed