oleh

Uniknya Festival Dawuhan Sumber Mudal Desa Pacalan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan

-Berita, Daerah-15 views

MC-Magetan , Desa Pacalan kecamatan Plaosan kabupaten Magetan adalah salah satu desa yang berada di kaki gunung Lawu yang memiliki potensi wisata yang luar biasa.Sejalan dengan hal tersebut didesa ini terdapat ritual tahunan yang diberi nama Festival Dawuhan Senopati Sumber Mudal yang digelar Minggu 28/8/2022

Hadir dalam kegiatan ini Camat Plaosan , Eka Raditya Kabid Pengelolaan Pariwisata dinas Parbud Magetan, Agus Suharto, S.T M.T Kepala desa Pacalan,serta masyarakat desa Pacalan.

Untuk tahun ini kegiatan Dawuhan Senopati Sumber Mudal ini terasa istimewa karena bertepatan dengan momen HUT RI ke 77.

Agus Suharto, S.T M.T Kepala desa Pacalan mengatakan ” Kegiatan merupakan wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT atas berkah yang diberikan olehNya. Sumber Mudal ini merupakan sumber yang memberikan sumber air minum dan irigasi kurang lebih 17 desa. Tradisi ini merupakan warisan leluhur yang harus kita lestarikan,karena merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sehingga diharapkan akan semakin berlimpah rahmat yang akan diberikan. “jelasnya.

Agus Suharto ST MT menambahkan “Rangkaian acara untuk tahun ini lebih istimewa dan unik dari sebelumnya karena kita melakukan beragam kegiatan diantaranya pawai obor, malam pentas seni serta arak arakan pawai budaya dengan peserta 1500-an masyarakat. yang membawa tumpeng sayur ,sebelumnya juga diadakan tasyakuran dengan menyembelih 2 ekor kambing.”

Dengan adanya pawai budaya ini kedepan bisa menjadi penyemangat masyarakat dalam ikut mensukseskan program pembangunan yang di rencanakan oleh pemerintah desa.”jelas kepala desa Pacalan ini.

Masyarakat tumpah ruah ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai budaya yang melibatkan seluruh elemen yang ada mulai sekolah dari berbagai tingkatan serta masyarakat desa Pacalan. Diakhir kegiatan ditutup dengan atraksi reog Ponorogo.

Sebagai informasi di desa Pacalan dulu merupakan tanah perdikan . Dan dideaa ini terdapat makam kyai Kembang Sore yang merupakan makam Bupati Magetan ke 2 dan ke 3 .Beliau adalah Kanjeng Kyai Adipati Purwodiningrat Bupati Magetan ke 2 dan Raden Tumenggung Sosrodipuro Bupati Magetan ke 3.
Video kegiatan ini bisa di klik di di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan (Jurnalis :Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed