oleh

Hasil Retribusi Pasar Dapat Sorotan Warga

-Berita, Daerah-45 views

MC-Banggai, Retribusi Pasar merupakan hal yang sangat penting, Karena itu dalam retribusi pasar, prinsip dan sasaran dalam penetapan struktur, besarnya tarif retribusi pasar didasarkan pada tujuan untuk memperoleh keuntungan yang layak sebagai pengganti biaya pengelolaan, biaya penyelenggaraan, biaya kebersihan serta biaya administrasi.

Desa.Karanganyar, Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Retrisbusi Pasar Adalah Bagian Penting Dari PAD ( Pendapatan Asli Desa ) Desa Ini, terkesan tidak Memberikan Kebahagiaan Oleh Masyarakat Desa Karanganyar.

29/8/2022 hal ini diungkapkan Saat Pertemuan Musrembang Desa, Yang Di Laksanakan Di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Moilong. Di Hadiri Camat Moilong Bersama Muspika Kecamatan.

Pertemuan tersebut Mendapatkan Sorotan Dari Salah Satu Warga, yaitu ( Sunarko ) Salah Satu Masyarakat Desa, Dan Sekaligus Sebagai Mantan Kepala Desa Karanganyar.

Sorotannya menuju tentang Transparansi Dana Retribusi Desa, Selama Menjabat Lima Tahun Terakhir. Menurut Sunarko ” Retribusi Desa Sebagai Pendapatan Asli Desa Seyogianya Bisa Menjadi Salah Satu Aset Penting Untuk Mendorong Kemandirian Desa.

Masyarakat Desa Sebagai Objek Yang Harus Di Sejahterakan, yang Perlu Mengetahui Hasil Pendapatan Asli Desa, Termasuk Retribusi Pasar Desa.

Pemerintah Desa Perlu Melakukan Laporan Berkala Tiap Tiga Bulan Sekali, Minimal Satu Tahun Sekali”kata Sunarko

Menyambut Pernyataan Sunarko, Jaenodin menjabat Kepala Desa Karanganyar Menjelaskan Bahwa “Retribusi Pasar Tidak Seberapa , Tetapi Kebutuhan Pasar Sangat Luar Biasa, Lagi pula Penyetoran Uang Pasar Tidak Melalui Saya, Tetapi Langsung Ke Fauzi Selaku Bendahara.

Dan Catatan Semua Ada Disana, Termasuk Untuk Pembiayaan Makam, Ulang Tahun Transmigrasi, Yang Merupakan Tanggung Jawab Desa” Ungkap Kades.

Disela Itu, Jaenodin Mengucapkan Terimakasih Atas Saran Pendapat Tokoh Masyarakat Yang Sifatnya Membangun Serta Meminta Dukungan Kembali Untuk Mensuport Kepemimpinannya Agar lebih Baik Kedepan. ( S/Arif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed