oleh

Lestarikan Budaya Desa Banjarpanjang Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan Adakan Bersih Desa

-Berita, Daerah-121 views

MC-Magetan, Dalam rangka melestarikan adat budaya dan menguri uri budaya adiluhung Jawa,Desa Banjarpanjang Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan mengadakan Bersih desa . Acara diawali dengan kirab reog Ponorogo dari Kantor desa menuju Punden Balekambang.

Dipunden Balekambang perangkat desa dan masyarakat dan mendoakan leluhur desa Banjarpanjang dan dilanjutkan langeng beksan /tayub di punden Balekambang ,Jumat (2/9/2022) .

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Magetan H Sujatno SE.MM. Kuswinardi Camat Ngariboyo ,Suparlan Kepala desa Banjarpanjang, Ketua BPD, Ketua RW , Ketua RT dan masyarakat desa Banjarpanjang.

Kepala desa Banjarpanjang Suparlan mengatakan “Bersih desa ini adalah warisan budaya dari leluhur desa Banjarpanjang dengan harapan dan doa menjadikan warga desa Banjarpanjang bisa dijauhkan dari semua marabahaya. Dengan adanya bersih desa ini diharapkan seluruh warga Banjarpanjang diberikan rejeki yang barokah ,melimpah,diberikan kesehatan,kedamaian dan diberikan kenikmatan oleh Allah SWT. “jelasnya.

Bersih desa diawali dengan arak arakan reog Ponorogo dari balai desa dilanjutkan menyusuri jalan menuju punden Balekambang, selanjutnya diadakan selamatan ,setelah memanjatkan doa kepada Allah SWT yang dipimpin oleh tokoh agama setempat Selanjutnya di akhiri dengan kesenian tayub langen beksan.

Sementara itu Ketua DPRD Magetan Sujatno mengatakan ” Kebudayaan adalah salah satu sarana untuk mempererat silahturahmi antar warga karena budaya adalah salah satu elemen untuk memperat peratuan dan kesatuan bangsa melalui budaya gotong-royong.Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Banjarpanjang yang mengadakan kegiatan pelestarian budaya ini sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada warga Desa Banjarpanjang dan mendoakan leluhur yang babad desa agar diterima Alah SWT. “pungkasnya.

Untuk lebih mengetahui kegiatan lengkapnya bisa di klik di di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan. (Jurnalis :Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed