oleh

Inovasi desa Balegondo dalam program intensifikasi tanam bawang merah biji

-Berita, Daerah-11 views

MC-Magetan sebagai upaya meningkatkan produksi hasil pertanian Pemerintah desa Balegondo bekerja sama dengan berbagai elemen yang ada mengadakan penanaman perdana Bawang Merah Biji (Kamis, 7/9/2022)

Tanam perdana program intensifikasi bawang merah biji ini dihadiri oleh Bupati Magetan Dr Drs H Suprawoto SH, MSi , Ketua komisi B Hari Gitoyo, Kepala dinas TPHPKP yang diwakili Kabid hortikultura, Kepala Desa dari desa sekitar desa Balegondo serta para petani setempat.

Dalam sambutannya Kepala desa Balegondo Drs Suroso menyampaikan ” Program ini merupakan upaya pemerintah desa dalam menumbuhkan semangat berinovasi khususnya bidang pertanian. Karena selama ini lahan yang ada dari dahulu hanya bisa ditanami tebu. Berawal dari itulah karena tebu hanya bisa panen sekali setahun kami selaku Kepala Desa bekerja sama dengan produsen bibit Panah Merah dan Asosiasi Petani Bawang Merah di Magetan menaman bawang merah biji. Kami yakin akan berhasil karena sudah dilakukan uji coba di desa Selopanggung selain itu juga akan dibimbing oleh perusahaan benih dan obat dengan target kita akan menanam 10 hektar.Muaranya dari inovasi ini adalah menyejahterakan kesejahteraan petani dengan luasan lahan yg sama dengan cara intensif akan menghasilkan yang lebih maksimal lagi.”jelas kepala desa Balegondo ini.

Bupati Magetan Dr Drs H Suprawoto SH, MSi mengatakan ” Hari ini kita melakukan tanam bawang merah dari biji yang biasanya menggunakan umbi dengan berbagai keunggulannya.Diantaranya bau bawang merah ini tidak terlalu menyengat dan akan diekspor ke Singapura. Selain itu sistem ini juga akan dipadu dengan tumpangsari cabe sehingga akan berdampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan petani ” jelasnya.

Ketua Asosiasi Petani bawang merah Kirno menyampaikan ” Sebagai Inovasi dalam pengembangan penanaman komiditas bawang merah kami melakukan penanaman bawang merah biji dengan harapan kedepan bisa diekspor ke Singapura. Setidaknya dengan semangat para petani ini kami berharap agar pemerintah Kabupaten Magetan dan dewan komisi B bisa mendukung dengan fasilitasi pembangunan
jalan usaha tani (JUT) , peningkatan pengairan teknis minimal 3 titik tiap desa. Serta kami mohon tahun depan alokasi anggaran masuk dalam kewilayah Hortikultura yang biasanya hanya untuk komoditas padi saja “harapnya.

Zulkarnain dari PT Investindo Indonesia produsen bibit cap Panah Merah menjelaskan keunggulan tanam biji ” Berikut ini kelebihan dari tanam bawang merah dari biji 1. Biaya produksi lebih hemat terutama bibit dengan prosentase 10 kali lebih hemat 2. Ketahanan hama penyakit lebih bagus. 3.Umbi lebih Super dengan warna yang cerah dan bau yang tidak terlalu menyengat.” jelasnya
Video kegiatan ini bisa di klik di di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan. (Jurnalis Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed