oleh

Pelantikan Pengurus Dan Anggota Saka Bakti Husada Pangkalan UPTD PUSKESMAS Lambunu 2 Kwaran

-Berita, Daerah-21 views

MASA BAKTI 2022-2026 DIRANGKAIKAN DENGAN LOUNCHING INOVASI KESEHATAN DAN DUKUNGAN DEKLARASI GERMAS KECAMATAN

MC-Parimo, 9 Sepember 2022 telah dilaksanakan Pelantikan Pengurus majelis Pembimbing, Pimpinan, Instruktur / Pamong dan Anggota Saka Bakti Husada (SBH) Pangkalan UPTD Puskesmas Lambunu Kwartir Ranting Bolano Lambunu Kab. Parigi Moutong.

acara dimulai pukul 8.30 Wita s.d jam 11.30 Pelantikan berlangsung khidmat dan bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Parigi Moutong yang diwakili oleh Kapusdiklat Kwarcab Pramuka Parigi Moutong Isbir Jihara, S.Pd. serta Pembacaan Surat Keputusan Pembentukan dan Pelantikan Kepengurusan Saka Bakti Husada Pangkalan UPTD Puskesmas Lambunu 2, oleh Ketua Kwaran Pramuka Kec. Bolano Lambunu, Muslim, S.Pd.I.,MM.
dan dilanjutkan lagi dengan Pembacaan Ikrar Mabisaka (Mejelis Pembimbing) yang di Jabat Oleh Kepala UPTD Puskesmas Lambunu 2 Wawan Akibu, S.Kep.,Ns.

Dan Ikrar Pimsaka (Pimpinan) SBH yang dijabat Oleh KTU Puskesmas Maryati, SKM. dan di ikuti sebanyak 45 Orang Pengurus SBH Pangkalan UPTD Puskesmas Lambunu 2.
Setelah Pembacaan Ikrar Pengurus, Pembina Upacara (Kapusdiklat Kwarcab) mengesahkan Ikrar tersebut, Memandu kembali Penyampaian Ikrar oleh Anggota SBH (Pramuka Penegak) Sebanyak 49 Orang yang berasal dari 5 Sekolah SMA Sederajat Se-Kec. Bolano Lambunu.

Saka Bakti Husada (SBH) Pangkalan UPTD Puskesmas Lambunu 2 dibentuk dengan tujuan melakukan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Kesehatan.
“Saka Bakti Husada” merupakan wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega dalam bidang kesehatan yang dapat menjadi bekal untuk mengabdi pada masyarakat sehingga tercapai kemampuan sebagai Penggerak dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),
Pembinaan Saka Bakti Husada terdiri dari 6 (Enam) Krida :
Bina Lingkungan Sehat, Bina Keluarga Sehat, Bina Pengendalian Penyakit, Bina Gizi, Bina Obat serta Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat,”.

Undangan yang Hadir dalam moment Pelantikan Pengurus dan Anggota SBH ini yaitu :
Pimsus Orientasi Singkat Pusdiklat Kwarcab Parigi Moutong In Yunus, S.Pd, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Parigi Moutong : Ellen Ludia Nelwan, S.Sos.,M.Kes., Sekretaris Dinkes, Astrar Baturangka, SKM., Kabid P2 Dinkes Yeyen Y. Tagunu, SKM. Kasie Promkes : apt. Devi R. Uga, S.Farm, dan beberapa Kepala Seksi / Staf Dinkes lainnya, disamping itu Undangan Lintas Sektor yang hadir adalah Camat / Mabiran Pramuka Bolano Lambunu Drs. Sudarso, Mabisa/Pimsaka Bayangkari Polsek Bolano Lambunu, dan Mabisa/Pimsaka Wira Kartika Danramil 1306-11 serta Mabigus / Pimpinan Gudep Pramuka Sekolah SMA Sederajat.

Kapusdiklat Kwarcab Pramuka Parigi Moutong Isbir Jihara, S.Pd. dalam Amanat Pembinanya Menyampaikan bahwa proses pembentukan SBH Pangkalan ini, telah sesuai dengan Prosedur Pembentukan dan Jukran Saka serta Pedoman Penyelenggaraan SBH, yang dimulai dari Sosialisasi di Sekolah, Rapat Konsolidasi Kwaran, Mabiran dan Mabigus Di Sekolah, Pelaksanaan Perekrutan Kegiatan Diklat dan Perkemahan, serta Pengukuhan dengan Adat Kesakaan Pangkalan, dan sehingga saya berkesimpulan bahwa selamat saya berkecimpung di Pramuka dan menjadi Pengurus Kwarcab Pramuka, Baru kali ini saya melihat dan menyaksikan ada Pembentukan dan Pelantikan Pengurus SBH Pangkalan Puskesmas di Parigi Moutong, Terangnya.

Kadinkes Kab. Parigi Moutong Ellen Lydia Nelwan, S.Sos.,M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi Program Kerja Kepala Puskesmas berserta Jajarannya utk menyukseskan kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat, salah satunya adalah Saka Bakti Husada (SBH), yang merupakan Kegiatan Pertama Pelantikan Pengurus dan Anggota SBH Tingkat Puskesmas di Kab. Parigi Moutong, dan ini harus menjadi contoh Puskesmas lainnya untuk terus berupaya menghidupkan kegiatan Pramuka Bidang Kesehatan (SBH) dan berharap bahwa kedepannya pengurus dan anggota SBH yang telah dilantik ini bisa meningkatkan upaya koordinasi, konsultasi, dan konfirmasi memantau Kondisi Kesehatan Lingkungan warga atau masyarakat di sekitar tempat tinggalnya, Upaya Di Bidang Kesehatan membutuhkan peran serta masyarakat serta kita semua, Untuk itu perlu dukungan upaya penggerakan masyarakat salah satunya melalui adanya Kegiatan Aktif dan Pembinaan Saka Bakti Husada kepada Pamong dan Anggota SBH. Ia menyebut bahwa Anggota Saka Bakti Husada merupakan Agen Perubahan.
Mereka harus menjadi Pelopor Kesehatan, dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan terkecil adalah disekolahnya serta masyarakat sekitarnya, tegasnya.

Acara berlangsung Selama 3 Jam ditutup dengan Pembacaan Do’a yang disampaikan oleh Sdr. Suyatno, A.Md.Kep. setelah itu Pengambilan Sesi Foto Bersama serta Penandatanganan Dukungan : Launching Inovasi Kesehatan SBH : BERKHARISMASTIK (Bersama Kader Bakti Husada Ajak Remaja Internal Sekolah Mampu, Siap Terapkan Ilmu Krida) dan Dukungan Deklarasi Germas di Tingkat Kecamatan Bolano Lambunu. Editor Asri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed