KPU Kabupaten Mojokerto, Optimis Naikkan Angka Pemilih 90% Pada Pemilu 2024

Berita, Daerah28 views

MC – Mojokerto, Dengan mengangkat tema ‘Peran KPU dan Media dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pemilu 2024 yang Berkualitas dan Berintegritas’, KPU Kabupaten Mojokerto menghadirkan narasumber Wakil Ketua Bidang Organisasi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Drs.Macmud Suhermono,M.IKOM.M.IP

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), KPU Kabupaten Mojokerto Zainul Arifin menyampaikan, “selain menjalin silaturahmi dengan rekan-rekan media di Mojokerto, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menggandeng rekan-rekan media menjelang Pemilu 2024”.

“Mengingat peran media sangat penting dan sangat menentukan sekali terkait partisipasi masyarakat pada pemilu tahun 2024,hal ini telah terbukti pada tahun 2020, kita (KPU Kabupaten Mojokerto) melampaui dari target nasional. Target nasional 75 persen, kita 78,67 persen,” ungkapnya, Jumat (14/10/2022).

Masih Zainul, kiat KPU Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi lima tahun tersebut dengan cara sosialisasi. Sosialisasi akan dilakukan secara aktif di semua lapisan masyarakat, mulai dari pemilih pemula, kaum perempuan, kaum marjinal dan disabilitas.

“Target nasional tingkat partisipasi masyarakat sampai hari ini belum ditentukan, kalau KPU Kabupaten Mojokerto tetap optimis tahun 2024. Jika pada tahun 2019 sebesar 86 persen maka, pada pemilu yang akan datang kita akan target 90 persen dari DPT yang ada,” katanya.

KPU resmi membuka tahapan Pemilu 2024 sejak 14 Juni 2022. Zainul menjelaskan, jika saat ini tahapan Pemilu 2024 yakni pengumuman bagi partai politik (parpol) yang lolos verifikasi administrasi dan tanggal 15 Oktober 2022 yakni tahapan verifikasi faktual.

Sembilan partai yang lolos parlemen di antaranya PDI-Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PKS, PAN, Demokrat dan PPP.

Acara media gathering yang di laksanakan di sebuah cafe di daerah Puri Kabupaten Mojokerto di mulai sejak pukul 14.45 tersebut, di tutup dengan ramah tamah seluruh peserta yang hadir. (Wied).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed