oleh

Pemecah Rekor Muri Penanaman Mangrove Desa tuladengi

-Berita, Daerah-89 views
wa

MC-Parimo,Penanaman Mangrove di Desa Tuladengi Pantai Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah ,

dihadiri Camat Moutong, Polsek Moutong, Danramil Moutong, Pendamping Desa, Kepala Sekolah SMPN Satap Negeri 1 Moutong, dewan guru, Aparatur Pemerintah, dan masyarakat sekitarnya.
Dikegiatan tersebut, Tulpan Ajis Sebagai kaur kesra yang mewakili kades menyampaikan, pelaksanaan kegiatan penanaman Mangrove 20/11/2022 dimulai Pukul 0 9.00, pemerintah berharap Penaman Mangrove bisa berhasil tumbuh dengan baik, bisa mengatasi terjadinya abrasi, dengan adanya tanaman ini, bisa menahan terjadinya abrasi Pantai terang Tulpan.

Selain itu Erlin Mangkona S.Pd menjabat Kepala Sekolah SMPN Satap Negeri 1 Moutong menerangkan , telah mengikut sertakan staf Dewan guru bersama murid, kurang lebih 30 Orang Siswa yang mana tempat tinggal mereka berdekatan dengan pantai, menjadi harapan kami sebagai guru, agar kedepan nya, mempunyai pengalaman dan pengetahuan luas, ditambahkan dia, untuk penanaman Mangrove di harapkan bukan hanya kali ini.

Aftar M Nusa S sos MM sambutan di kegiatan penanaman Magrove , ini program Bupati, dalam rangka pemecahan Rekor Muri, penanaman Magrove di 88 titik Se-kabupaten Parigi Moutong, di 23 kecamatan. yang tidak ada pantai seperti Parigi Barat kata Aftar.
sebenarnya yang di mintai Kabupaten, hanya 4 titik satu Kecamatan, tapi di Rekor Muri ini, Kecamatan Moutong yang bisa dapat Rekor Muri. karna terbanyak dari semua Kecamatan, 9 titik yang di tanam kami usulkan terangnya
Desa Sojoli, Desa Sialopa, Desa Olongata, Desa Boloung Olangata, Desa Moutong Tengah, Desa Moutong Barat, Desa Belang Belang, Desa Aedan Raya, dan Desa Tuladengi Pantai.
Itu dari 22 Kecamatan, terpenting adalah setelah ditanam Masyarakat pemerhati lingkungan, anak muda lain dan sebagainya, terutama di pesisir Desa tuladengi Pantai, harus bisa melestrikan sampai di hidupkan.
Lanjutnya, begitu dia besar jangan dirambah, karna manfaatnya Magrove untuk menahan ombak dari abrasi, dan tumbuh kembang biota laut terutama ikan- ikan yang kita kosumsi.
Harapan Saya Selaku Camat Moutong, melalui Program Pemerintah, barangkali ada bantuan untuk menanam Mangrove setiap Tahun, karna penanaman jika di hitung kurang lebih dua atau tiga hektar lagi, setelah melihat bibit yang ada kita Masih membutukan bibit Mangrove lagi tutupnya.

Sertu Zulpikar Menjabat Sebagai Babinsya.Koramil 1306 -11.Moutong selaku Babinsa, dalam hal ini mewakili Danramil Moutong, kegiatan penanaman Mangrove di 88 titik di Kabupaten Parigi Moutong, khususnya yang ada di Kecamatan Moutong, titiknya di Desa Tuladengi Pantai, kami berharap tanaman mangrove untuk kedepannya, jangan cuma di tanam, harus di pelihara dan dijaga, agar supaya fungsi dari pohon mangrove , untuk menjaga pantai, kedepan nya tidak terjadi abrasi, dengan adanya penanaman Magrove, kami pula menghimbau kepada aparat Desa, bahwa penanaman ini harus sesuai dengan fungsi hutan Magrove itu sendiri, tetapi tidak juga tumpang tindih dengan para wisata, Sehinga kami berharap penataan penanaman Mangrove di tata, jangan cuma asal tanam katanya (Asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed