oleh

Calon Pelanggan Berharap Jangan Perlambat Pemasangan Meteran Listrik

wa

MC-Tanah Bumbu, PT. Perusahaan Listrik Negara (persero) Rayon Batulicin di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mempermudah bagi masyarakat “Bumi Bersujud” untuk menjadi calon pelanggan d hendak melakukan pemasangan jaringan listrik baru.(21/11/2022)
Petugas PT.PLN tidak akan mempersulit bagi warga ingin memiliki jaringan listrik di rumahnya, apabila mereka sudah mendaftar paling lama sepuluh hari pihak PLN sudah memasangkan jaringan listrik atau kilometernya,” kata Salah satu petugas PLN Rayon Batulicin kepada media ini.

Dijelskannya, jika aturan dulu dengan sekarang sudah berbeda sesuai dengan perintah pimpinan pusat, tidak ada alasan apapun bagi masyarakat yang hendak memiliki jaringan listrik baru, harus dipermudah pelaksanaannya.
Kepada masyarakat yang hendak mendaftar jaringan listrik baru mereka cukup datang ke Kantor PLN setempat atau PT. Yang berkerja sama dengan PLN, dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta membayar biaya administrasi atau bisa di lakukan dengan online 123

Setelah didaftarkan kepada PLN akan melakukan survey kepada rumah calon pelangga selanjutnya akan dilakukan pemasangan. PT PLN juga sudah meluncurkan program layanan untuk memudahkan masyarakat mengadukan keluhannya.
Sehingga, PT.PLN menyediakan aplikasi PLN Mobile yang dapat diakses melalui telepon selular pintar (smartphone) berbasis android.
Aplikasi tersebut memang sangat mempermudah bagi calon pelanggan untuk mendaftarkan Pasang baru (PB)
Dikatakannya, PT.PLN Mobile merupakan suatu aplikasi Mobile Customer Self Service yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).
“Layanan bagi pelanggan PLN ini diharapkan dapat mendukung perbaikan tata kelola layanan pengaduan dan keluhan pelanggan yang lebih maksimal serta memutus jalur birokrasi dan prosedur,” ujar dia.

Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi adapun fitur-fitur yang tergabung dalam aplikasi ini meliputi.

Cukup cek tagihan dan riwayat token saja, simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, informasi tarif listrik terkini dan cek status pengaduan dan permohonan berita terkini dari PLN.
Jika, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan. Beberapa di antaranya yang akan muncul di versi selanjutnya adalah layanan untuk menghubungi Customer Service Officer PLN 123 tanpa melalui telepon rumah dan operator selular, tetapi dengan menggunakan Voice Over Internet Protocol (VOIP).
Namun disayangkan, karena Pelayanan PT . PLN yang sudah baik, tidak didukung oleh kinerja Pendor Sambung dari Perusahaan yang melaksanakan , yang berkerja dinilai Lambat dan tidak sesuai SOP, seharusnya KWH meter di pasang paling lambat 10 hari kerja ,namun di temukan ada yang Hampir satu bulan belum di pasangkan kWh meternya oleh pihak Vendor Sambung ,hal tersebut banyak dikeluhkan komsumen masyarakat Tanbu, tentang pelayanan nyambung yang menghambat pelayanan PLN Rayon Batulicin yang harus di benahi.
Dalam undang -undang nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenaga listrikan yang mengatur hak calon pelanggan PT.PLN/Komsomen antara lain: Komsomen wajib mendapatkan pelayanan yang baik,mendapat tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keadaan yang baik ,apabila ada keluhan atau gangguan tenaga listrik yang menjadi haknya wajib pihak PT.PLN melakukan perbaikan apa bila ada gangguan atau pelayanan listrik yang kurang baik terhadap Konsumen ,juga ganti Rugi apabila terjadi pemadaman yang di akibatkan oleh kesalahan dan kelalaian pengoperasian oleh pemegang ijin usaha penyedia tenaga listrik sesuai dengan Surat yang di atur dalam perjanjian Jual beli tenaga Listrik .

Ironisnya, layanan bagi Komsumen di harapkan sambungan / vendor PT. yang melaksanakan memperlambat tata kelola pelayanan yang di tentukan pihak, ungkapnya (sumber yang enggan disebutkan)
Diharapkan kepada Vendor Sambungan yang selanjutnya akan memperbaiki sistim kerja nya, sehingga jangan sampai akan mencoreng nama baik perusahaan tersebut.(J/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed