oleh

Cegah Abrasi Pantai, Ribuan Bibit Mangrove Ditanam

-Berita, Daerah-38 views
wa

MC-Parimo,Ribuan bibit mangrove ditanam di perairan pesisir pantai Kec.Bolano Lambunu, Minggu ( 20/11/2022) pagi.

Penanaman tersebut dilakukan dalan rangka upaya penyelamatan pantai dari abrasi sekaligus pemecahan rekor MURI yang digelar secara serentak oleh Bupati Parigi Moutong ( H.Syamsurizal Tombolotutu ) disemua pesisir pantai Kab.Parigi Moutong.

Kegiatan penanaman mangrove secara serentak di Kec.Bolano Lambunu diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin oleh Camat Bolano Lambunu ( Drs. Sudarso ) yang diikuti oleh peserta penanaman mangrove yang terdiri atas staf Kantor Camat Bolano Lambunu,aparat desa se-Kec.Bolano Lambunu, guru dan siswa tingkat SMP -SMA dan pendamping kegiatan dari Badan Pendapatan Daerah Kab.Parigi Moutong di Aula Kantor Camat Bolano Lambunu yang selanjutnya para peserta penanaman mangrove menuju titik koordinat masing-masing.

Menurut koordinator umum penanaman mangrove Kec.Bolano Lambunu yang juga merupakan pejabat Sekretaris Kecamatan ( Syafi’i, S.Pi ), total lebih dari 2000 bibit tanaman mangrove yang disebar di empat titik, yakni Desa Siendeng yang terkenal dengan destinasi wisatanya yaitu Polu Soboa dengan sub koordinator Didin,kemudian Desa Lambunu dua titik dengan sub koordinator Ambo, SH dan Moh. Nawir, S.Sos serta Desa Lambunu Timur dengan sub koordinator Abdurrahman, S.Sos.MM.

Salah seorang peserta penanaman mangrove yang minta tidak disebutkan namanya mengharapkan dengan penanaman mangrove secara serentak,pantai-pantai di Kab.Parigi Moutong umumnya dan khususnya Kec.Bolano Lambunu bisa semakin diselamatkan dari bahaya erosi ataupun abrasi. ” Semoga ikhtiar ini memberikan semangat untuk menjaga dan melestarikan pantai -pantai kita di Kab. Parigi Moutong yang panjangnya sekitar 400 km lebih,”katanya.

Dari pantauan di lapangan,kegiatan penanaman mangrove di pesisir pantai Kec. Bolano Lambunu yang juga dihadiri oleh Kaplosek Bolano Lambunu dan jajarannya serta unsur Danramil/Babinsa berjalan lancar dan semangat sehingga kegiatan dari keempat titik penanaman secara keseluruhan dapat diselesaikan sesuai perencanaan sebelumnya. ( Asri )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed