oleh

Motivasi Warga Untuk Ronda Malam, Polres Madiun Kota Gelar Lomba Satkamling Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-77

wa

MC-MADIUN, Bertempat di Dua Lokasi Poskamling RT 21.A RW 05 Desa Sukolilo dan RT 20 RW 04 Desa Kincang Wetan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun telah dilaksanakan kegiatan penilaian Lomba Satkamling Polres Madiun Kota (Polda Jatim) dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023. Selasa, ( 23/5/2023 ) Malam.

Adapun rombongan Tim Penilai terdiri dari Kaur Bin Ops (KBO) Binmas Polres Madiun Kota IPTU Bekti Setiono, SH., Kasi Perlindungan Masyarakat (Linmas) Sat Pol PP Kabupaten Madiun Nur Eko Wahyudi, SE., dan dari Kodim 0803/Madiun SERMA Dony Fery.

Dalam kegiatan penilaian Satkamling tersebut dihadiri Kepala Desa (Kades) Sukolilo beserta perangkat, Kades Kincangwetan beserta perangkat, Petugas jaga di poskamling, Warga lingkungan masyarakat Rt. 21 Desa Sukolilo dan Rt. 20 Desa Kincangwetan dan Kanit Binmas Polsek Jiwan IPDA Soejarwo beserta Bhabinkamtibmasnya.

Kriteria dari penilaian ada 5 aspek yaitu pertama administrasi kegiatan pos kampling, kedua Pos kampling itu sendiri, ketiga kelengkapan peralatan pos kampling, keempat simulasi kentongan dan kelima penyajian cara penaganan kasus
jenjang pola laporan jika terjadi kasus dan penyajian/praktek beladiri.

Desa dan kelurahan yang diajukan lomba Satkamling yaitu
Kecamatan Sawahan (Sidomulyo & Pule), Kecamatan Jiwan (Sukolilo & Kincang Wetan), Kecamatan Manguharjo (Manguharjo & Pangongangan), Kecamatan Kartoharjo (Kartoharjo & Kanigoro) dan Kecamatan Taman (Manisrejo & Banjarejo).

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto, SIK., MH. melalui Kasat Binmas Polres Madiun Kota AKP Anis Heni Wibarsih, S.Psi mengatakan, “Bahwa salah satu tujuan utama diselenggarakan lomba Satkamling diwilayah hukum Polres Madiun kota ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya gangguan kamtibmas.

Selain itu, lomba Satkamling tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada 1 Juli 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Kasat Binmas menjelaskan bahwa penilaian lomba Satkamling diwilkum Polres Madiun Kota ini akan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 22 Mei sampai dengan 26 Mei 2023.

“Tadi malam, tim kami sudah melaksanakan penilaian dua desa diwilayah Polsek Jiwan tepatnya di Pos Kamling Desa Sukolilo dan Desa Kincang Wetan,” kata Kasat Binmas saat dikonfirmasi secara terpisah.

“Kemudian, bagi yang mendapat juara 1 pada perlombaan Pos Satkamling tersebut, nantinya akan di tampilkan di tingkat Polda Jatim, “jelasnya.

Kami berharap, kegiatan ini dapat memotivasi kepada warga sekitar untuk lebih meningkatkan kegiatan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing – masing, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” tambahnya.

Pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyakarat, khususnya untuk aktivitas ronda malam ini, diharapkan bisa memotivasi dan akan menjadi aktivitas rutin setiap malam berikutnya, guna menekan aksi kejahatan dan potensi gangguan kamtibmas lainnya menjelang Pemilu 2024,“ pungkasnya. (Jurnalis Beni Setyawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed