oleh

Waspadai Kejahatan Pembobolan Rumah Kosong, Wadir Krimum Polda Jatim Beri Himbauan Masyarakat !

MC, Surabaya- Meminimalkan tindak pidana pencurian rumah kosong, Wakil Direktur Direktorat Kriminal Umum (Wadir Krimum) Polda Jatim AKBP Piter Yanottama memberikan beberapa himbauan kepada masyarakat saat akan bepergian keluar kota meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

AKBP Piter Yanottama menyampaikan bahwa masyarakat perlu lebih mewaspadai kejahatan yang menyasar rumah kosong dengan salah satunya menitipkan kepada petugas security jika itu terdapat di perumahan.

“Lebih waspada terhadap aktivitas pelaku kejahatan dengan menyasar rumah kosong , Jadi kalau mau bepergian keluar kota, kalau di perumahan jangan lupa untuk menitipkannya kepada petugas security perumahan”

Selain itu AKBP Piter Yanottama juga menghimbau untuk memasang CCTV sebagai langkah antisipatif untuk menimalkan pencurian di rumah kosong. Dan sebagai alat yang mudah dilacaknya para pelaku ketika telah terjadi kasus pembobolan.

“Pastikan petugas security itu kemudian mengecek keberadaan rumah-rumah kosong itu. Kemudian Jangan lupa pasang CCTV, kemudian pasang kunci ganda di pintu. Misalnya kayak teralis segala macam, di jendela pasang teralis, kemudian di pintu juga pasang teralis dan digembok”.

“Kemudian jangan meninggalkan barang-barang berharga di rumah misalnya hanya menyimpannya di lemari, kalau memang bepergian jauh 7-10 hari. Kalo bisa (perhiasan) dibawa lah. atau disimpan di save deposit box-nya di perbankan”. Terang AKBP Piter Yanottama.

Hal itu berkaca modus operandi pelaku kasus pembobolan rumah di beberapa daerah melakukan mensurvei rumah yang lampu depan nya menyala. Pelaku mematikan listrik untuk mengecek apakah dirumah tersebut terdapat penghuni atau kosong.

Jika dirasa tidak terdapat orang yang keluar, maka pelaku merusak kunci gembok dan masuk ke dalam rumah. Serta merusak pintu menggunakan linggis.

Sebelumnya diberitakan,

Direktorat Reserse Kriminal Umum melalui Subdit III Jatanras Polda Jatim menggelar hasil ungkap kasus pencurian dengan pemberatan (Curanmor dan Rumsong) antar provinsi. Konferensi pers tersebut digelar di Gedung Bidhumas Polda Jatim. Selasa, (15/8/2023).

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mewakili Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto, membuka konpers tersebut. Selanjutnya, Wadir Krimum Polda Jatim, AKBP Piter Yanottama mengungkapkan, modus operandi tentang perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan (bobol rumah kosong) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP.

“Sejumlah pelaku inisial SA als. SIUT, AA, SO, BF, AM als. TUMPER melakukan pencurian bobol rumah kosong pada siang hari dengan cara melihat rumah yang menyala lampunya di hari Sabtu atau Minggu, lalu mematikan listrik dan apabila tidak ada yang keluar, para pelaku tersebut merusak kunci gembok dan masuk ke dalam rumah dengan merusak pintu menggunakan linggis, kemudian mengambil barang-barang berharga milik korban,” jelas Piter

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed