oleh

Gerakan Posbindu Desa Karanggupito Sumber Dana Dari ADD

-Berita, Daerah-22 views

MediaCentral -Ngawi, Posbindu adalah singkatan dari Pos pembinaan terpadu, Program Posbindu masih menjadi strategi dari Kemenkes sebagai upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus upaya Promotif dan Kuratif, dalam menanggulangi penyakit tidak Menular (PTM) seperti Penyakit Diabetes, Hipertensi, Kolestrol, Obesitas bahkan penyakit jantung yang masih menjadi momok untuk saat ini, Apalagi dengan kecanggihan Teknologi membuat masyarakat malas untuk beraktivitas fisik seperti Olahraga ditambah factor merokok, pola makan tidak sehat sedangkan manfaat dan tujuan dari posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur termasuk juga lansia, dan lebih dikedepankan terhadap kontrol PTM.

Biasanya dengan adanya kegiatan Posbindu di masyarakat, maka mereka yang memiliki penyakit diabetes, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.


UPTD Puskesmas Kendal melakukan kegiatan Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Kendal Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi sekarang tidak hanya dilaksanankan oleh petugas kesehatan tapi juga dibantu oleh Bidan Desa Sri Purwati, Mantri Desa Wakid, Suradi bersama stafnya.

Kegiatan ini dilakukan setiap bulan dan dilaksanankan di tempat berbeda setiap bulannya, Pemeriksaan yang di lakukan saat kegiatan Posbindu di mulai dari pendaftaran, wawancara tentang riwayat penyakit keluarga, pemeriksaan Tinggi Badan, Tekanan Darah, Lingkar perut, pemeriksaan kadar lemak dalam tubuh dengan menggunakan alat Bady Fat dan di tutup dengan konseling. Kegiatan ini di danai dari Anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2024. Ujar Bambang Suryo Saputro, SE, MM selaku Kepala Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. (Jurnalis Supari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed