Empat Desa Terisolir Akibat Banjir Longsor di Pipikoro, Kapolsek Kulawi Datangi Bersama Personel

Berita, Nasional42 Dilihat

Media central info-SIGI,- Dalam rangka memantau dan upaya membantu warga terdampak banjir dan tanah longsor di empat desa di Kecamatan Pipikoro, Kapolsek Kulawi Ipda Johan Efendi bersama personel Polsek Kulawi tiba di jembatan gantung di Desa Banasu Kecamatan Pipikoro, Sigi, yang putus dan merupakan satu-satunya akses jalan ke desa-desa tersebut. Rabu (24/04/2024).

Peristiwa banjir dan tanah longsor tersebut terjadi di Desa Banasu, Desa Masewo, Desa Mamu, dan Desa Kalamanta, Kecamatan Pipikoro, Sigi, pada hari Minggu (21/04/2024) sekitar pukul 21.30 Wita akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Karangana dan anak sungai sekitarnya.

Akibatnya keempat desa terisolir karena tertimbunnya jalan dan terputusnya jembatan gantung Sungai Karangana di Banasu perbatasan Desa Mapahi yang merupakan satu-satunya akses jalan menuju empat desa tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Kulawi Ipda Johan Efendi mengatakan, setelah mengetahui adanya bencana alam banjir dan tanah longsor di Kecamatan Pipikoro, personel Polsek Kulawi langsung bergerak menuju lokasi untuk berupaya membantu warga yang terdampak.

“Kurang lebih 365 KK atau 1.329 jiwa di empat desa di Kecamatan Pipikoro yakni Desa Banasu, Desa Masewo, Desa Mamu, dan Desa Kalamanta terisolir akibat putusnya jembatan gantung di Banasu yang merupakan satu-satunya akses jalan menuju ke empat desa tersebut.”

“Sampai saat ini langkah-langkah yang telah kami ambil yakni mendatangi lokasi dan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan Pipikoro, dan melakukan pendataan dampak bencana.”

“Dari hasil koordinasi dengan Camat Pipikoro, kerugian materil akibat bencana tersebut antara lain rusaknya areal pertanian, areal
perkebunan, fasilitas air bersih, irigasi areal pertanian dan fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan beberapa jembatan yang lain di wilayah empat desa tersebut.” Terang Kapolsek.

“Kami bersama-sama warga setempat juga berupaya membersihkan akses jalan secara manual, dengan tetap memberikan imbauan kepada warga untuk waspada dan menjaga keselamatan.”

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kapolres Sigi melalui PLH Kasi Humas Iptu Nuim Hayat, S.H. mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sigi untuk dapat segera mengupayakan akses jalan dan menyalurkan bantuan ke lokasi bencana.

Sampai saat ini, Kapolsek Kulawi bersama personelnya masih berada di Desa Mapahi Kecamatan Pipikoro yang berbatasan dengan Desa Banasu guna melakukan pemantauan dan berupaya membantu warga yang terdampak.
Jurnalis,.(ALi).

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed