Kemenkumham Jatim Terapkan Layanan One Stop Service untuk CJH 2024

Berita11 views

MC,SURABAYA – Kanwil Kemenkumham Jatim berkomitmen memberikan dukungan pelayanan kepada 37.271 Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi/ Debarkasi Surabaya. Instansi yang dipimpin Heni Yuwono itu akan menerapkan layanan one stop service untuk CJH.

“Layanan one stop service akan dipusatkan di Asrama Haji Sukolilo,” ujar Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Herdaus usai pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Surabaya siang ini (3/5).

Herdaus yang dilantik Wakil Ketua PPIH Embarkasi/ Debarkasi Surabaya menjelaskan bahwa layanan one stop service ini merupakan inovasi layanan keimigrasian khususnya pada mekanisme pemeriksaan imigrasi.

“Ini adalah bentuk whole of governance dimana kami saling bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai instansi khususnya Kanwil Kemenag Jatim dalam memberikan pelayanan publik yang prima,” urai Herdaus.

Pria asli Banten iti menerangkan bahwa nanti pihaknya melalui Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya akan menyiagakan personel untuk melakukan layanan clearance paspor CJH.

“Kami juga menyiapkan sistem border control management untuk memperlancar proses pemeriksaan paspor CJH yang sedianya akan dilaksanakan pada 11 Mei 2023 hingga 22 Juli 2023 mendatang,” urai Herdaus.

Herdaus menegaskan bahwa secara umum tidak ada yang berbeda terkait SOP Keimigrasian yang diterapkan dalam pelayanan CJH. Menurut aturan keimigrasian, lanjut Herdaus, bahwa setiap orang yang melintas keluar dan masuk Indonesia harus memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku (dalam hal ini adalah paspor dan visa).

“Namun secara khusus, karena ini merupakan ibadah haji, maka jajaran kami berupaya memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan,” urai Imam.

Menariknya, proses clearence ini tidak hanya dilakukan imigrasi Indonesia saja. Tetapi, imigrasi Arab Saudi juga hadir di Juanda untuk melakukan clearence.

“Jadi setelah Imigrasi Indonesia melakukan clearence, dilanjutkan Imigrasi Arab Saudi di tempat yang sama,” terang Herdaus.

Hingga saat ini, Herdaus menerangkan bahwa proses penerbitan paspor bagi CJH di Jawa Timur berjalan lancar. Pihaknya juga memberikan pelayanan jemput bola di Kantor Kemenag di setiap kabupaten/ kota.

“Pelayanan haji tahun ini memang punya tantangan tersendiri karena jumlahnya meningkat dari tahun lalu, sehingga kami akan optimalkan petugas yang ada,” tutup Herdaus. (Humas Kemenkumham Jatim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed