oleh

Peringati Hari Lanjut Usia Ke 28, Dinsos Jatim Pamerkan Berbagai Program Bagi Lansia.

-Berita-12 views

MC, Surabaya- Dinas Sosial Jatim menyelenggarakan peringatan Hari Lanjut Usia ke 28 pada Rabu 28 Mei 2024 di halaman Kantor Dinsos Jatim. Untuk tema nasional hari Lansia tahun 2024 yang ke-28 ini adalah ‘lansia terawat Indonesia bermartabat’.

Acara tersebut di hadiri PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono, Kadis Sosial Kabupaten Kota se Jatim, Direktur bank Jatim, perwakilan baznas Jatim, perwakilan Direktur Rumah Sakit se Jatim serta berbagai undangan lainnya berjumlah 400 orang yang mayoritas Lansia.

Terselenggaranya Kegiatan hari Lansia yang ke-28 ini merupakan kerjasama dan kolaborasi dengan para komunitas lanjut usia yakni komda lansia, Restu, PWRI dan Komunitas Wulan.

Selain itu kegiatan ini juga terdapat pemotongan tumpeng sebanyak 28 yang nanti akan di simboliskan diberikan oleh PJ Gubernur kepada lansia berusia 104 tahun asal Blitar. Di usianya, Lansia tersebut masih sehat dan berjalan tanpa kursi roda.

Dinsos Jatim juga akan sebarkan Sekuntum Mawar Merah kepada 2800 lansia baik itu di UPT, di rumah sakit dan di pelayanan umum. Kegitan tersebut sudah diinstruksikan melalui surat edaran PJ Sekda yang inisiasinya dari bapak gubernur untuk menyapa lansia seluruh Jawa Timur.

Acara ini juga dilakukan pemberian penghargaan bagi kepala daerah yang peduli lanjut usia, pemberian penghargaan BUMN peduli lanjut usia , pemberian penghargaan Wardah berprestasi tingkat provinsi Jawa Timur tahun 2024.

Kepala Dinas Sosial Restu Novi Widiani dalam sambutannya mengatakan bahwa ini meruoakan bentuk apresiasi dan wujud penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dari strategi para lanjut usia beserta kiprahnya.

Restu Novi melanjutkan bahwa dalam undang-undang nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, mengamanatkan pembangunan Kesejahteraan Sosial lanjut usia lanjut usia ini harus memiliki pengalaman, kearifan dan kealifan.

“Dalam Peraturan Presiden nomor 88 tahun 2021 tentang strategi nasional pemerintah harus memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia agar mereka tetap sehat, bermartabat, mandiri”. Terang Restu Novi.

Dalam acara ini, turut hadir Putri Indonesia sebagai bentuk untuk menunjukkan dan memperkenalkan bahwa mereka harus menghormati lansia yang didik dari generasi Z.

Selain itu Restu Novi menyampaikan bahwa Gema Hari lansia tidak dirasakan di sini saja, tapi gemanya bisa dirasakan khususnya untuk seluruh Jawa Timur. Inilah yang menginisiasi konsep Dinas Sosial untuk hari lanjut usia kali ini di kemas dalam berbagai kegiatan.

“Ada Bakso Lansia yakni singkatan dari Bakti Sosial untuk Lansia yang sudah kita mulai dan kemarin. Puncaknya kita melaksanakan bakti sosial serentak di 7 UPT dan di LKSLU se-jawa timur dan spesial untuk Baksos di UPT Pandaan dihadiri oleh ibu PJ Gubernur”. Terangnya.

“Kemudian ada Takwa Lansia, singkatan dari Talk Show Ketawa Lansia yang sudah dilakukan Selasa 28 Mei 2024 dan kita undang lansia juga narasumbernya dokter Agus Ali Fauzi yang membuat kita ketawa 2 jam penuh”. Lanjutnya.

Restu Novi melanjutkan, terdapat juga program Bakmi yang singkatan nya Bazar Kebutuhan Kaum Lansia. Bazar ini penjualnya merupakan Lansia serta terdapat 14 stan. Selain itu dua layanan kesehatan dari rumah sakit mata yang akan memberikan skrining katarak untuk para peserta lanjut usia.

“Dan ada dari Ikatan Alumni Unair Sidoarjo yang mempersembahkan juga bakti sosial pemeriksaan gigi bagi Lansia. Serta ada Sate Lansia singkatan nya Wisata Edukatif dan Kreatif lansia. Yang sudah dilaksanakan semua, terdapat 940 lansia yang ada di dalam UPT Dinas Sosial sudah kita gembirakan melalui program tersebut”. Terangnya.

“Selain itu ada Pentolansia yakni Pentas Seni Orang Lansia. Acara ini dibuka dengan tarian Remo Land dance juga lansia, Paduan suara mars lansia dan Salam lansia Gerakan Sayang lansia semuanya”. Lanjutnya.

“Kemudian juga program Pemprov Jatim yaitu pemberian bantuan sosial PKH plus kemudian pemberian bantuan sosial permakanan lanjut usia untuk LKSLU di Jatim”. Terang Restu Novi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed