oleh

Kanwil BPN Sulteng dan Kantah Sigi Laksanakan Penanaman Puluhan Pohon di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

-Berita, Daerah-24 views

Mediacentral.info-Sigi – Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah bersama Kantor Pertanahan Kabupaten Sigi mengelar kegiatan penanaman pohon secara serentak dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertempat di RTH Taiganja Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Rabu 5 Juni 2024.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah Freddy A. Kolintama ST.M.Si, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sigi Juwahir S.Sit, M.A.P, Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Nurdin, S.Sit, MAP, Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Susetyo Nugroho, Kepala Bidang Survey dan Pemetaan Susmianto, ST, M.M, serta sejumlah jajaran pejabat di Kantor Pertanahan Kabupaten Sigi.

Kepala Kanwil BPN Sulteng Freddy menyampaikan Kementerian ATR/BPN secara nasional mencanangkan penanaman 100.000 pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan bersama sama Pak Menteri AHY di seluruh Kabupaten/Kota di 33 Provinsi melaksanakan kegiatan ini.

Dikatakannya, Khusus untuk Sulawesi Tengah kita melaksanakan kegiatan di kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dan Kanwil bersama Kantor Pertanahan Sigi di pusatkan di taman ruang terbuka hijau (RTH).

“Disini kita ada menanam beberapa jenis pohon seperti pohon Mahoni, Tabebuya, Ketapang kencana serta pohon buah mulai dari mangga, Matoa, alpokat, serta jambu kristal, dan itu tersebar disekitar area terbuka hijau ini, dengan harapan bahwa tanaman ini akan membawa kesejukan untuk kelestarian lingkungan,” kata Kepala Kanwil BPN Sulteng, Freddy A. Kolintama, ST, M.Si.

Ia mengungkapkan, seperti halnya yang disampaikan Pak Menteri tadi bahwa selama ini ATR/BPN mengurus tanah, ruang, tetapi kali ini kita perduli terhadap lingkungan. Dan ini langkah pertama kali kita laksanakan dan kita punya keinginan bahwa pelaksanaan kegiatan seperti ini akan berlangsung terus di Kementerian ATR/BPN.

Kakanwil Freddy juga menyampaikan selain penanaman dengan jumlah 1622 pohon secara bersamaan di seluruh Kabupaten/Kota, dengan jenis pohon yang di tanam bermacam macam sesuai dengan lokasi yang ada. Selain itu juga ada kegiatan penanaman mangrove di pinggir pantai Kota Palu dan wilayah pesisir kabupaten Parigi Moutong.

“Olehnya, dengan penanaman pohon buah di RTH ini, mudah-mudahan masyarakat disekitar ketika datang berkunjung ke sini bisa menikmati berbagai tanaman buah,” ungkap Freddy,.jurnalis,.(ALi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed