Diikuti 11 Negara, Pembukaan 21st ASEAN University Games 2024 Dihadiri Pj. Gubernur Adhy Karyono

Berita7 views

MC, SURABAYA, – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri pembukaan 21st ASEAN University Games (AUG) tahun 2024 Selasa (25/6) malam.

Pembukaan 21st AUG 2024 ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Basketball Sport Centre Surabaya.

Gelaran ini sendiri diikuti oleh perwakilan dari 11 negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yang mulai dipertandingkan pada 25 Juni hingga 6 Juli di Surabaya dan Malang.

Total ada sebanyak 21 cabang olahraga yang dipertandingkan pada gelaran AUG ke-21 ini. Di antaranya Futsal, Petanque, Bola Voli, Tenis, Renang, Panjat Tebing, Bola Basket 3X3, Judo, Bola Tangan, Wushu, Bridge, Catur, Atletik, Bola Basket, Bulu Tangkis, Panahan, Voli Pantai, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat dan Karate.

Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Adhy mengatakan, AUG ini merupakan ajang internasional lingkup ASEAN yang digelar untuk kompetisi antar universitas atau institut pada bidang prestasi olahraga. Oleh sebab itu, ditunjuknya Jawa Timur sebagai tuan rumah adalah hal yang patut disyukuri.

“Yang jelas ini adalah suatu kehormatan bagi Jawa Timur ditunjuk sebagai tuan rumah. Ada 500 sekian atlet dan tentunya dengan 9 kampus, 5 kampus di Surabaya 4 kampus. Ini ajang multi event mahasiswa terbesar se-Asia Tenggara,” ujarnya.

Adhy pun berkomitmen untuk bisa menerapkan panca sukses pada penyelenggaraan ajang olahraga berskala internasional antar kampus kali ini. Panca sukses tersebut antara lain sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses budaya.

“Kami sudah cek, kami sudah persiapkan semua, bahwa penyelenggaraan ini kita harus sukses, kemudian administrasi harus sukses, yang terakhir harus sukses adalah juaranya,” katanya.

“Kami dari Pemprov Jawa Timur sangat mendukung semua proses penyelenggaraan kita dukung,” imbuhnya.

Selain itu, Pj. Gubernur Adhy menyebut AUG menjadi ajang untuk saling mengenal, menjalin harmoni, dan hubungan baik antar mahasiswa di ASEAN. Ia pun menyambut baik gelaran ini dan baginya ini adalah salah satu kesempatan bagi atlet Jawa Timur untuk berlatih menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XII Aceh – Sumatera Utara 2024.

“Kesempatan bagi kami tuan rumah juga mengasah potensi atlet kami yang akan bertanding di PON nanti,” katanya.

Pj. Gubernur Adhy juga berpesan kepada seluruh atlet yang bertanding, untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas dan fair play dalam setiap pertandingan. Selain itu ia juga mengharapkan semua dapat berkompetisi dengan mengobarkan semangat juara.

“Selamat bertanding kepada semua atlet dan raihlah prestasi terbaik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Adhy mengajak seluruh kontingen AUG untuk mencicipi berbagai macam kuliner asli Jawa Timur dan menyempatkan berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Jawa Timur usai berkompetisi.

“Saya berpesan usai berkompetisi agar menyempatkan menikmati kuliner khas maupun pesona wisata di Jawa Timur,” pesannya.

Sementara itu Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo menargetkan bahwa Indonesia mampu menjadi juara umum pada perhelatan AUG 2024 ini. Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi mensukseskan AUG 2024 ini.

“Yang pasti sukses nantinya untuk penyelenggaraan dan prestasi dan yang paling penting sukses juga administrasinya,” harapnya.

Menpora RI ini juga berharap ajang AUG 2024 ini tidak hanya ajang berkompetisi antar kampus di bidang olahraga saja. Namun lebih dari itu bisa menjadi momentum untuk membangun hubungan persaudaraan antar perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara.

“Ini bisa menjadi hubungan persaudaraan yang baru dari games ini dan semoga ke depan ini bermanfaat bagi kemajuan Asia Tenggara,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed