PJ Bupati Donggala Hadiri Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar

Berita, Nasional231 Dilihat

Mediacentral.info-Jakarta , Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Donggala, raih Empat Perhargaan dari Tujuh Penghargaan pada Malam Puncak Festival, Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dilaksanakan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (5/7/2024).


Pemdakab Donggala raih penghargaan pada kategori Transformasi Pembelajaran, kategori Pengelolaan Program Indo Pintar, Kategori Trasnformasi Pengelolaan Pendidikan dan juga berhasil meraih prestasi tertinggi pada Kategori Utama yang merupakan kategori paling bergengsi yang diberikan kepada Pemerintah karena dinilai dinilai mampu melakukan transformasi di bidang pendidikan dengan sangat baik.
Penghargaan kategori Utama ini diserahkan langsung oleh Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim dan diterima secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Donggala, Moh. Rifani, S.Sos., M.Si.
Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mengungkapkan, selama lima tahun gerakan Merdeka Belajar berjalan, telah terjadi perubahan mendasar termasuk berbagai praktik baik pendidikan di seluruh Indonesia. Semua itu, terang Nadiem merupakan dorongan dari banyak pihak, termasuk pemerintahan daerah, dan hal tersebut membuktikan Merdeka Belajar yang merupakan esensi filosofi pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara telah menjadi gerakan bersama.
Menteri Nadiem menjelaskan, sekolah yang dicita-citakan memiliki sejumlah karakteristik, antara lain pembelajaran yang berpusat pada murid, iklim sekolah yang inklusif, aman, dan merayakan kebhinekaan, guru-guru yang gemar belajar, berbagi, dan berkolaborasi serta kepala sekolahnya juga senantiasa melakukan peningkatan kualitas layanan satuan pendidikan secara berkelanjutan.
“Semua karakteristik itu mungkin terdengar sangat ideal dan sulit untuk direalisasikan. Namun, pada kenyataannya, sekarang pemangku kepentingan pendidikan sudah mulai melihat perwujudan sekolah yang dicita-citakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” kata Nadiem.
Nadiem melanjutkan, “Perubahan baik ini bukanlah capaian saya atau capaian Kemendikbudristek, melainkan keberhasilan kita semua. Keberhasilan para kepala daerah dalam menggerakkan transformasi di daerah masing-masing.

Keberhasilan Ibu dan Bapak guru yang terus berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid.”
Selanjutnya, Pj. Bupati Donggala, Moh. Rifani, S.Sos., M.Si yang hadir langsung pada malam itu mengungkapkan rasa bangga dan terharu atas pencapaian yang telah diraih oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala. “Saya rasa ini adalah buah hasil yang manis atas kerja keras seluruh jajaran dinas pendidikan, para guru dan seluruh elemen yang terlibat di dalamnya,” ungkapnya.


“Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang agar kita dapat terus terpacu dalam meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Donggala. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten Donggala,” tutupnya.Prokopim

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed